Home / Berita Popular / Berita Utama / Kesenian dan Budaya / NASIONAL

Senin, 5 Juni 2023 - 12:21 WIB

Wujud Rasa Syukur, Warga Petemon Adakan Sedekah Bumi

Surabaya, – Guna terciptanya pelestarian adat tradisi dan budaya daerah serta wujud rasa syukur dan penghormatan pada leluhur, untuk itu warga masyarakat Petemon RW 10 dan RW 11 Kota Surabaya adakan acara tahunan Tumpengan Tasyakuran Sedekah Bumi Mbah Goemok Guyup Rukun Bangun Petemon, dengan tema “Melestarikan Budaya Terciptalah Masyarakat Guyup Rukun Toto Tentrem Kertoraharjo”, Minggu 4 Juni 2023.

Berada di Petemon Gang IV RT 4 RW 11 Kelurahan Petemon Kecamatan Sawahan terlaksana nya acara, dalam hal ini, animo warga Petemon dari Gang 4 dan Gang 5 tumpah ruah melebur bersama untuk menghadiri serta turut serta berpartisipasi dengan membawakan aneka macam makanan, jajanan, buah buahan, hasil bumi dan juga gunungan nasi tumpeng beserta lauk pauknya.

Ketua Panitia Madyo Surono menyampaikan ” kepada bapak ketua RT 1 sampai RT 5 yang mana bisa mendukung acara sedekah bumi, di sini khususnya yang diadakan di wilayah RW 11. mudah-mudahan apa niat dan tujuan kita bersama di sini adalah mewujudkan suatu kebersamaan dengan di sini, Kita juga mensyukuri nikmat Allah dan apa yang diberikan oleh leluhur kita, khususnya pada leluhur kita dulu bisa membabat wilayah petemon, hingga sekarang kita sudah merdeka. ibu-ibu bapak-bapak jenengan kita semua sudah bisa menikmati Apa hasil dari upaya dari leluhur kita di sini. Oleh karena itu saya sebagai ketua panitia juga sekaligus mewakili bapak RW RW 11 di sini Saya mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada segenap warga RT 1 RT 2 RT 3 RT 4 RT 5 RW 11 jadi tak lupa pula kesempatan halaman pada kesempatan siang hari ini saya mengucapkan bersyukur terima kasih ya alhamdulillah kita semua dapat Guyup dapat rukun inilah yang benar jadi contoh suri teladan di perkampungan kita RW 11″ ucapnya.

READ  Hadiri Pentas Seni, Kapolsek Dukuh Pakis: Generasi Penerus Bangsa

Hadirnya Pemangku Wilayah Lurah Antono Legowo, Ketua RW, Tokoh Masyarakat, Babinkamtibmas, Babinsa serta Anggota DPRD kota Surabaya dari Fraksi PDI-P Sukadar jadi penyemangat para warga dari lingkup RT, Kader ibu PKK, Karang Taruna, Tua Muda hingga para remaja yang di prakarsai oleh ketua panitia Madyo Surono. Di tempat terpisah dalam acara yang sama wilayah RW 8 di gelar kesenian tari remo dan jaranan Turonggo Manunggal Budoyo.

Berbagai macam aneka tumpeng di siapkan warga dan panitia sebagai symbol kebersamaan dalam kebaikan dengan artikulasi Tumpeng (Tumindak Lempeng/Jawa) dalam arti tindakan yang lurus dalam hal kebaikan. Dengan rangkain acara Pembukaan, Sambutan Ketua Panitia, Tokoh Masyarakat, Lurah Petemon, Anggota DPRD, Do’a, Pembagian Tumpeng, ramah tamah, penutup.(sat)

Share :

Baca Juga

Berita Popular

Dalam Rangka Memperingati HBA Ke-63 Kejati Jatim Gelar POR Untuk Menyegarkan Jasmani Dan Membangun Kepribadian Menjadi Sportif

Berita Popular

Cegah Demam Berdarah, Polisi Berbagi Ikan Cupang Untuk Warga di Ponorogo

ADVETORIAL

Polsek Kahayan Kuala mensosialisasi juga menyampaikan Pesan Pesan Kamtibmas dan anjuran Prokes serta ajakan bervaksin kepada warga

ADVETORIAL

Polisi Ungkap Motif Perampokan di Malang, Tersangka Kakak Beradik Berhasil Diamankan

Berita Utama

Babinsa Koramil 1612-07/Satar Mese Mengikuti Peletakan Batu Pertama Pembukaan Jalan Baru di Dusun Nte’er

ADVETORIAL

POLSEK KUALA MANDOR B AMANKAN SEORANG PRIA MEMBAWA SAJAM DIJALAN RAYA

Berita Popular

Catur Budi Residivis Narkoba, Denda 1 Miliar dan Dituntut Pidana Penjara 6 Tahun Subsider 3 Bulan

Berita Popular

Bripka Tony Berikan sosialisasi Pelayanan Publik Kepada Warganya