Taruna AAL Korps Marinir Ditempa Kemampuan Tempurnya di Sarang Prajurit Petarung

 

Sinarrayanews.com || AAL, Surabaya, (1/12).Sebanyak 25 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Korps Marinir, Tingkat II Angkatan ke-69, selama dua pekan kedepan akan berlatih keras dan ditempa kemampuan tempurnya dalam sebuah latihan praktek bersandi “Bajra Yudha” dibeberapa satuan Sarang Prajurit Petarung Marinir jajaran Pasmar-2 Marinir Surabaya.

Hal tersebut dikatakan Kepala Departemen Marinir (Kadepmar) AAL, Kolonel Marinir Datuk Sinaga, mewakili Gubernur AAL, Mayjend TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr. (Han) saat meninjau pelaksanaan Latihan Praktek “Bajra Yudha” di Menkav 2 Marinir, Pasmar-2 Surabaya, Rabu (1/12).

Selama dua pekan kedepan lanjut Datuk -25 Taruna Korps Marinir ini akan melaksanakan latihan praktek secara bergilir di beberapa satuan, yakni di Menkav 2 Korps Marinir, Menart 2 Korps Marinir, Menbanpur 2 Korps Marinir dan Yontaifib 2 Korps Marinir.

“Lattek Bajra Yudha ini telah dibuka sejak 29 November lalu di halaman Gedung Usman-Harun, Depmar AAL, dan direncakan akan berakhir pada 10 Desember 2021 mendatang. Latihan ini akan melibatkan 30 pelatih dari Menkav 2 Mar, 30 pelatih Menart 2 Mar, 30 pelatih Menbanpur 2 Mar dan 20 pelatih Pelatih Pasmar 2,” terangnya.

Menurut Kadepmar AAL, tujuan latihan Bajra Yudha ini adalah untuk mendidik dan membekali para Taruna agar memiliki pengetahuan tentang mempraktekkan kesenjataan Menkav, Menart, Menbanpur dan Batalyon Intai Amfibi Marinir, sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan untuk melaksanakan tugas sebagai Danton Infanteri dan jabatan lain yang setingkat di satuan kerja Marinir serta mampu mengembangkan pribadi sebagai kader pemimpin TNI AL.

Sehingga dengan telah melaksanakan Lattek ini, lanjutnya, para Taruna diharapkan mampu memahami organisasi dan tugas kesenjataan bantuan, mampu mempraktekkan kesenjataan bantuan Korps Marinir dan keterkaitan dengan kesatuan lainnya di Korps Marinir serta mampu mempraktekkan materiil tempur yang ada di kuliah kesenjataan bantuan Korps Marinir dengan baik dan benar.

Sementara itu Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Lattek Bajra Yudha, Letkol Marinir Ari Eko Daryanto, M.Tr.Han menambahkan bahwa latihan ini juga dimaksudkan untuk mengenalkan Satuan Kesenjataan dijajaran Korps Marinir dalam hal ini adalah di Pasmar-2 Marinir kepada para Taruna Korps Marinir.

Di hari pertama latihan paparnya, para Taruna mengunjungi Markas Resimen Kavaleri 2 Marinir di Kesatrian Marinir Soepraptono Semarung, Ujung, Surabaya. Kedatangan para Taruna Korps Marinir ini diterima Wadan Menkav 2 Mar Letkol Marinir La Ode Jimmy Herizal Rachman, M.Tr.Hanla., M.M., beserta Perwira Staf dan Perwira Seksi Operasi Batalyon.

Di Sarang Petarung Prajurit Lapis Baja Korps Marinir tersebut, para Taruna AAL dikenalkan berbagai kesenjataan dan mempraktekkan kendaraan tempur andalan milik Menkav 2 Marinir.

“Hingga hari ketiga ini, para Taruna telah menerima sejumlah materi latihan diantaranya Pengenalan Batalyon Ranratfib 2 Marinir, Drill Ranpur RRF, Pengenalan Batalyon KAPA (Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri) – 2 Marinir, Drill Ranpur KAPA 2 Marinir dan Pengenalan Batalyon Tank 2 Marinir”, terang Palaklat.

Pen AAL.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.