Home / ADVETORIAL / DAERAH / HUKRIM / INTERNASIONAL / INVESTIGASI / NASIONAL / POLITIK

Sabtu, 7 Mei 2022 - 00:55 WIB

Sekjen LARM-GAK dan HIPPMA Baihaki Akbar : Menyoroti Perusahaan Pemenang Tender Gorden DPR,

Surabaya, Sinarrayanews.com – Lembaga Advokasi Rakyat Merdeka Gerakan Anti Korupsi (LARM-GAK) dan Himpunan Putra Putri Madura (HIPPMA) menyoroti perusahaan pemenang tender gorden DPR, LARM-GAK dan HIPPMA heran lantaran perusahaan yang menang justru yang menyodorkan harga lebih tinggi dibandingkan dua perusahaan lainnya.

“Terus terang saja agak aneh, jika pengumuman pemenang yang dijadikan pemenang adalah penawar tertinggi. Karena kalau yang tidak memenuhi persyaratan itu sudah gugur di fase-fase sebelumnya misalnya barangnya jelek, tidak dapat dukungan atau tidak sesuai spesifikasi itu nggak sampai dibuka penawaran,” kata Sekjen LARM-GAK dan HIPPMA Baihaki Akbar kepada awak media, Sabtu (7/5/2022).

“Kain gorden itu kan di pasaran banyak dan panitia mestinya memberikan spesifikasi barangnya itu yang gampang dicari di pasar jadi nggak boleh dikunci, sehingga hanya satu perusahaan yang bisa menyuplai kain itu nggak boleh,” lanjutnya.

Baihaki Akbar mengatakan proses tender harus berjalan kompetitif. Menurutnya, pemenang tender harusnya dipilih dari perusahaan yang menawarkan harga termurah dan memenuhi persyaratan.

“Karena ini namanya tender harus kompetitif maka dicari di pasaran yang bayak, maka nanti banyak perusahaan yang ikut tender sehingga terjadi harga yang kompetitif, Kompetitif itu kan mestinya harga termurah yang memenuhi persyaratan nah ini kok justru pemenang harga tertinggi, ini agak sesuatu yang tidak lazim,” ujarnya.

Baihaki Akbar yakin dua perusahaan lainnya yang ikut tender memenuhi persyaratan. Sebab kata Baihaki Akbar, gorden merupakan barang yang mudah dicari di pasaran.

“Saya juga berkeyakinan dua yang lain itu mampu memenuhi persyaratan, mampu memenuhi spesifikasi, karena ini barang mudah dicari di Pasaran, pasti banyak sesuai spesifikasi yang bisa disuplay pemborong,” ucapnya.

Baihaki Akbar mengaku akan memantau kain yang disuplay oleh perusahaan pemenang tender. Dia akan membandingkan dengan kain gorden perusahaan lain.

READ  Status Penyelidikan Kasus Korupsi PT IMS Dinaikkan Oleh Kejati Jatim

“Saya akan memantau, kain yang akhirnya disuplai oleh pemborong oleh pemenang itu seperti apa dan akan saya bandingkan dengan dua perusahaan yang lain. Kalau itu sama spesifikasinya seperti itu, kenapa yang lebih murah kok malah kalah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Baihaki Akbar meminta pimpinan program atau pimpro untuk melakukan evaluasi pasca penetapan pemenang tender. Dia menyebut dalam tender memungkinkan adanya evaluasi ulang setelah pengumuman pemenang.

“Saya meminta kepada pimpro untuk evaluasi ulang kemudian melakukan proses yang benar, pelacakan, jangan sampai yang dua ini seperti gugur hanya dicari-cari kesalahan sehingga yang dianggap pemenang yang harga tertinggi. Biasanya dalam tender memungkinkan adanya evaluasi ulang setelah dilakukan pengumuman. Mestinya juga ini ada kesempatan penawar yang lain yang lebih murah untuk melakukan sanggah banding,” imbuhnya.

Share :

Baca Juga

Berita Popular

Polresta Malang Kota Sabet Dua Medali Pada Tour of Kemala 2023 di Banyuwangi

Berita Popular

Babinsa Koramil 1612-01/Ruteng Memberikan Pelatihan PBB kepada Siswa SMPN 5 Langke Rembong

ADVETORIAL

Pembangunan Embung di Desa Landau Tubun Masyarakat Minta Perbaikan dan Peningkatan

Berita Popular

5 Oknum Pesilat Tersangka Kasus Pengeroyokan di Ngasem Berhasil Diamankan Polres Kediri

Berita Popular

Ganti Pimpinan, Perhutani KPH Probolinggo Gelar Pisah Sambut Administratur

ADVETORIAL

Bhabinkamtibmas laksanakan Himbauan Karhutla kepada masyarakat

ADVETORIAL

Terpantau Awak Media Proyek Tanpa Papan Informasi Publik, Lalu Viral: Pemdes Langsung Sat Set Pasang Papan Informasi Publik

ADVETORIAL

Dandim 1208/Sambas Ikuti Upacara Peringatan Hari Korpri Ke 51 Dan Hari PGRI Ke 77 Tahun 2022