Program DDS Polsek Sungai Sampit Disambut Antusias Masyarakat

 

Sinarrayanews.com || Program DDS (Door To Door System) yang digelar Kepolisian Sektor Sungai Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur disambut antusias masyarakat di Kecamatan Mentaya Hilir Utara. Masyarakat mendukung kepolisian untuk menciptakan kamtibmas di wilayah tersebut. Senin (15/11/2021).

Kapolsek Sungai Sampit Iptu Sudiyanto berterima kasih karena masyarakat menyambut antusias program tersebut. Dijelaskannya, salah satu tujuan program DDS adalah mengantisipasi tindak pidana pencurian buah kelapa sawit yang saat ini rawan terjadi.

“Program ini mengajak masyarakat untuk peduli dan cepat tanggap mencegah tindak pidana. Caranya yaitu dengan mengawasi lingkungan sekitar dan segera melaporkan ke polisi jika mengetahui ada dugaan tindak pidana, khususnya pencurian kelapa sawit,” kata Sudiyanto.

Sudiyanto menjelaskan, DDS merupakan upaya antisipatif yang mereka lakukan dengan melibatkan masyarakat. Kegiatan ini dilakukan dengan cara mendatangi warga dari rumah ke rumah untuk mengajak bersama-sama meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai tindak pidana, termasuk pencurian kelapa sawit yang saat ini rawan terjadi.

Polsek Sungai Sampit melaksanakan DDS di Desa Bagendang Hulu Kecamatan Mentaya Hilir Utara. Bhabinkamtibmas Desa Bagendang Hulu Polsek Sungai Sampit Aipda Purwanto berkeliling dari rumah ke rumah warga untuk bersilaturahmi sekaligus melaksanakan kegiatan DDS.

Sasaran kegiatan ini adalah masyarakat Desa Bagendang Hulu. Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk menjaga kamtibmas.

Petugas mengimbau kepada masyarakat apabila dalam melaksanakan kegiatan agar lebih berhati-hati. Apabila melaksanakan kegiatan di lahan melihat orang mencurigakan, jangan sampai mengambil tindakan di lapangan, tetapi segera berkordinasi dengan pihak yang berwajib.

Saat ini rawan tindak pidana pencurian buah kelapa sawit karena harga buah kelapa sawit naik maka rawan pencurian. Untuk itu supaya masyarakat juga diharapkan turut mengantisipasi kejadian pencurian buah kelapa sawit.

Selama kegiatan berlangsung situasi aman dan kondusif. Masyarakat menyambut positif kegiatan itu dan berjanji akan berpartisipasi melakukan pencegahan tindak pidana tersebut.

“Kami juga mengingatkan apabila ada permasalahan di lahan yang mengklaim atau mau mengambil hak warga, supaya warga melaporkan kepada pihak yang berwajib,” pungkas Sudiyanto.

Petugas juga mengimbau agar dalam kegiatan sehari-hari agar selalu memperhatikan protokol kesehatan 5M dalam untuk mencegah penularan virus Covid-19 karena pandemi masih terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.