On Board KAL Kadet-07, Taruna AAL Korps Pelaut Tingkat ll Jalani Lattek Navigasi 1

 

Sinarrayanews.com || AAL, Surabaya, (1/12)Setelah dua hari menjalani pemantapan materi Navigasi l di Gedung Andromeda, Departeman Pelaut Kesatrian Akademi Angkatan Laut (AAL), Bumimoro Surabaya, 50 Taruna AAL Korps Pelaut, Tingkat II Angkatan ke- 69 melanjutkan Latihan Praktek Navigasi 1 dengan On Board di Kapal Angkatan Laut (KAL) Kadet-07 yang sandar di Dermaga Koarmada ll, Ujung, Surabaya, Rabu (1/12).

Menurut Perwira Pelaksana Latihan Navigasi 1 yang jabatan sehari-harinya sebagai Kasimatlinpel, Deppel AAL, Mayor Laut (P) Kaso mengatakan bahwa, Latihan Praktek Navigasi 1 yang dijadwalkan 30 November hingga 3 Desember 2021 ini, mengalokasi waktu Lattek dua hari di kelas dan tiga hari on board di KAL Kadet-07 yang dikomandani Mayor Laut (P) Edwin Londang.

Pada Lattek Navigasi 1 dengan on board di KAL Kadet 07 ini lanjut Palaklat, para Taruna Korps Pelaut TK II akan melaksanakan praktek perambuan navigasi seperti mengenali bui Navigasi, Juru Ploter, dan Pengawas secara visual.

Mereka akan melaksanakan praktek langsung dengan berlayar di Alur Pelabuhan Barat Surabaya (APBS) agar nantinya para Taruna AAL bisa mengenal alur pelayaran tersebut dengan mengunakan KAL Kadet – 07.

Lattek Navigasi 1 ini tambahnya, bertujuan untuk mendidik dan membekali para Taruna AAL Tingkat II Korps Pelaut, agar memiliki ketrampilan tentang pelaksanaan tugas Jaga Anjungan dengan peralatan navigasi yang ada di kapal, sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan sebagai perwira Divisi KRI.

Sedangkan sasaran dari Lattek Navigasi 1 paparnya, yaitu setelah melaksanakan Lattek ini para Taruna AAL Tingkat ll dapat mengoperasikan alat bantu navigasi, melaksanakan tugas tugas di anjungan saat kapal berlayar, membuat track di peta dengan baik dan benar, mengindentifikasi tanda tanda/rambu rambu Navigasi serta menentukan posisi kapal di laut

Palaklat mengingatkan kembali 50 Taruna Tingkat ll ini tentang penekakan Gubernur AAL, Mayjend TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr. (Han), agar dalam mengikuti Latihan Praktek betul betul memperhatikan apa yang disampaikan oleh instruktur dan perwira pendamping di KAL, sehingga setelah Lattek ini Para Taruna AAL bisa menguasai dan memahami tentang Navigasi 1 sebagai bekal awal saat di kedinasan nantinya.

Pen AAL.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.