Menjaga Kerukunan, Dandim 1612/Manggarai Adakan Pertemuan Tokoh Lintas Agama Wilayah Labuan Bajo

 

Sinarrayanews.com || Manggarai Selasa 16 November 2021, pukul 09.05 WITA, bertempat di Gereja Paroki Roh Kudus, Jln. Manggarai Van Beakum, Kel. Wae Kelambu, Kabupaten. Manggarai Barat telah dilaksanakan kegiatan Pertemuan Tokoh Lintas Agama Wilayah Labuan Bajo oleh Komandan Kodim 1612/Manggarai.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1612/Manggarai Letkol Kav Ivan Alfa S.Sos, Danlanal Labuan Bajo Letkol Laut (P) Ronni, S.T.,M.T.Harla, Pabung Dim 1612/Manggarai Mayor Inf Suparno Hadi, Danramil 1612-02 Komodo Kapten Inf Nyoman Sukada, Ketua FKUB Kab. Manggarai Barat Romo Vikep Ricard, Pr, Wakil Ketua MUI Ustad Zakar Jangku, Pendeta Gereja Bukit Zion Rudi, Pemangku agama Hindu I Wayan Merta, Romo Paroki Gereja Waekesambi, Risno j. H. Isyak Ketua NU

Dandim 1612/Manggarai Letkol Kav Ivan Alfa S.Sos, dalam kesempatan tersebut mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan YME atas segala Rahmat dan berkatNya, terkait situasi wilayah di Labuan Bajo sampai saat ini masih aman, beberapa waktu lalu kita telah menerima tamu-tamu VVIP dan dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Kodim membawahi 3 (Tiga) Kabupaten, untuk kasus Covid 19 di wilayah Manggarai Barat pada waktu lalu melonjak sangat cepat di banding wilayah Manggarai dan Manggarai Timur, untuk itu kita mengajak kepada rekan-rekan untuk bersama-sama mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi 5 M agar tetap terjaga dari penyebaran Covid 19.

Dalam waktu dekat kita akan menghadapai perayaan Natal dan Tahun Baru kita mencari langkah-langkah yang tepat untuk mengantisipasi penyebaran Covid 19, adakan atau buat posko-posko darurat di tempat seperti Pelabuhan dan Bandara.

Beberapa program-program Pangdam IX/Udayana untuk meringankan beban masyarakat di pedesaan diantaranya Perehapan rumah ibadah, Pembagian kitab suci, Perehapan Rumah warga, Penghijauan, Membantu masyarakat untuk mengatasi kebutuhan air bersih (Pompa Hidram) serta dalam waktu dekat kita akan mengadakan penanaman pohon serentak di wilayah Balinusra.

“Mari kita satukan tujuan, memohon do’a kepada para Tokoh Lintas Agama untuk pembangunan Kodim baru di wilayah Kabupaten.Manggarai Barat yang rencananya tahun depan akan segera di mulai pembangunannya”,Pinta Dandim.

Dandim 1612/Manggarai Letkol Kav Ivan Alfa S.Sos juga menambahkan bahwa memeluk agama adalah Hak Asasi Manusia yang dimiliki oleh setiap warga negara dan dilindungi oleh Undang-Undang. Untuk itu, pemerintah mengharapkan kepada seluruh warga negara untuk hidup berdampingan dengan damai, memiliki sikap saling toleransi guna menjaga hubungan antar umat beragama.

“lndonesia adalah negara yang memiliki kebhinekaan yang sangat beragam dari suku, budaya, adat istiadat sampai dengan agama. Namun, jangan perbedaan menjadi bahan perpecahan, justru perbedaan tersebut harus disikapi dengan baik melalui persatuan dan kesatuan,”pungkas¬†Dandim 1612/Manggarai Letkol Kav Ivan Alfa S.Sos.

Forum dialog dan silaturahmi lintas agama itu bisa mewujudkan solidaritas kerukunan antar-umat beragama, sehingga dapat mencegah dan terhindar dari konflik sosial antar-pemeluk agama.

“Giat dialog ataupun silaturahmi ini adalah untuk diskusi realita yang ada di masyarakat, tujuannya adalah untuk mencegah atau meminimalisir konflik dan merawat kerukunan yang telah terbangun selama ini. Selain itu bisa juga untuk mengetahui kondisi KUB di wilayah yang plural dalam kehidupan beragama ataupun plural dalam keberagaman sesama umat beragama,” ujarnya.

“Pada intinya adalah sikap toleransi tidak dapat di ganggu gugat, implementasinya adalah dapat saling menerima, saling menghargai dan saling menghormati keyakinan antar umat beragama masing – masing. Dan yang lebih penting lagi adalah saling tolong menolong serta bekerjasama dengan perbedaan keyakinan yang ada”,Tutup Dandim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.