Home / Tak Berkategori

Rabu, 15 Desember 2021 - 17:31 WIB

Mendukung Kegiatan Padat Karya, Babinsa Koramil 1612-07/Satar Mese Ajak Warga Gotong Royong Bersihkan Jalan

 

SINARRAYANEWS.COM || MANGGARAI .Rabu 15 Desember 2021 Babinsa Koramil 1612-07/Satar Mese  a.n Serda Kusumaningrat dan Praka Jhon Rolan Malaikosa mengikuti kegiatan Padat Karya Tunai. (PKT) dalam bentuk gotong Royong pembersihan dan pembukaan jalan baru di desa Popo  Kecamatan. Satar Mese Utara  Kabupaten. Manggarai.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pjs Kepala Desa, Popo beserta Staf, Ketua BPD Desa Popo, Linmas Desa Popo dan RT/RW Desa Popo.

Padat Karya Tunai merupakan program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Babinsa bersama pemda akan mendukung dalam pengaturan pembangunan desa yang bertujuan untuk memajukan perekonomian masyarakat desa, mengatasi kesenjangan pembangunan, serta memperkuat masyarakat desa sebagai subyek pembangunan.

Babinsa Koramil 1612-07/Satar Mese Serda Kusumaningrat dalam kesempatan tersebut menyampaikan,”Padat Karya Tunai (Cash for work) merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa khususnya yang miskin dan marginal yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan tehnologi lokal untuk memberikan tambahan upah/pendapatan, meningkatkan daya beli, mengurangi kemiskinan, dan sekaligus mendukung penurunan angka stunting”.Ungkap Babinsa.

Babinsa juga menambahkan,”Padat Karya Tunai Desa dalam pelaksanaan Dana Desa diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, dengan memberikan honorarium (upah) langsung tunai kepada tenaga kerja yang terlibat, baik secara harian maupun mingguan, sehingga dapat memperkuat daya beli masyarakat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat”,Imbuh Babinsa.

Kriteria keterlibatan warga desa dalam program PKTD yaitu pengangguran, keluarga miskin, dan warga marginal lainnya, termasuk juga perempuan kepala keluarga.

Dengan melalui Dana Desa ( DD ), Pemerintah Desa Popo  Kecamatan. Satar Mese Utara  Kabupaten. Manggarai.melaksanakan program Padat Karya Tunai sehingga pembangunan di Desa diharapkan dapat lebih cepat menyelesaikan persoalan-persoalan di desa terutama yang terkait dengan kemiskinan, stunting, pengangguran. Untuk itu, pelaksanaan program padat karya tunai di Desa diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat, mengurangi angka gizi buruk, mengurangi kemiskinan, menggerakkan ekonomi Desa, serta mengembangkan kawasan pedesaan. Ada 2 (dua) hal yang menjadi sasaran program padat karya tunai, yaitu pembangunan infrastruktur dan peningkatan ekonomi masyarakat. Pokok pelaksanaan program padat karya tunai di desa adalah penganggaran kegiatan-kegiatan yang bersifat padat karya, yang diwajibkan untuk didanai dengan Dana Desa dalam APBDes.

READ  Ini Yang Rutin Dilakukan Aipda Yoyo Pada Anggota Polsek Sebangau Kuala Agar Terhindar Dari Covid-19.

Kegiatan Padat Karya Tunai yang telah di laksanakan di Lingkungan Desa Popo  Kecamatan. Satar Mese Utara  Kabupaten. Manggarai berfokus pembersihan dan pembukaan jalan baru, Dalam situasi wabah covid-19 dalam melaksanakan kegiatan PKTD di tetap mengikuti ketentuan protokol kesehatan.@red

Share :

Baca Juga

Tak Berkategori

Saat Patroli Dialogis, Personel Sat Samapta sampaikan Maklumat Kapolda Kalteng kepada Masyarakat

Tak Berkategori

Cegah Kriminalitas, Personil Polsek Kahayan Tengah Laks KRYD

Tak Berkategori

Polsek Kahayan Tengah laksanakan kegiatan KRYD

Tak Berkategori

Cegah Kriminalitas Piket Siaga Polsek Maliku Laksanakan Patroli malam

Tak Berkategori

Kapolsek bersama Personil Polsek Kahayan Kuala melaksanakan sambang ke warga

Tak Berkategori

Polsek Maliku Patroli Malam Menyambangi Kantor Bawaslu Kec. Maliku

Tak Berkategori

Maklumat Kapolda Kalteng di tempelkan di tempat umum supaya bisa di baca Masyarakat

Tak Berkategori

Sosialisasi Standar Pelayanan Publik ( Alur Peayanan,Biaya Pelayanan dan Waktu pelayanan ) Penerbitan SKCK di Polsek Polsek Sebangau Kuala.