Home / Tak Berkategori

Senin, 15 November 2021 - 15:11 WIB

Korem 072/Pamungkas Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam

 

Sinarrayanews.com || Wonosobo, Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Heri Dwi Subagyo mewakili Danrem 072/Pamungkas secara resmi membuka latihan penanggulangan bencana alam Korem 072/Pamungkas TA 2021 bertempat di Aula Makodim 0707/Wonosobo, Senin, (15/11/2021).

Danrem 072/Pamungkas dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasrem 072/Pamungkas menyampaikan, kondisi geografi wilayah Kabupaten Wonosobo yang berupa pegunungan dan saat ini sudah memasuki musim penghujan merupakan daerah rawan bencana tanah longsor. Sehingga dampak yang diakibatkan dapat menggangu aktivitas kehidupan masyarakat dan kerugian baik materiil maupun personel. Penanggulangan bencana alam harus dilaksanakan secara terpadu antara TNI, Polri dan Pemda Wonosobo serta komponen bangsa lainnya, dengan terencana dan terkoordinasi secara menyeluruh dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dan resiko bencana alam yang mungkin terjadi.

“ Latihan ini juga bertujuan untuk memantapkan kerjasama antara TNI, Polri dan Pemda Wonosobo serta komponen bangsa lainnya dalam penanggulangan bencana alam yang mungkin terjadi di wilayah Kabupaten Wonosobo ”, ucap Kasrem.

Kasrem berharap kepada Komandan Kodim 0706/Temanggung selaku koordinator umum latihan, pedomani tahapan kegiatan latihan mulai dari Pra Bencana yang terdiri dari pembekalan pengetahuan, sosialisasi mitigasi dan penyiapan satuan dalam bencana. Tanggap Darurat mulai dari mendirikan posko lapangan, menyiapkan Sarpras pendukung, mencari, menyelamatkan dan evakuasi korban Bencal. Pasca Bencana berupa rehabilitasi psikologi korban, rekontruksi fasilitas umum serta relokasi perumahan warga.

“Selanjutnya kepada penyelenggara latihan laksanakan seluruh tahapan latihan dengan sungguh-sungguh mulai tahap perencanaan hingga pengakhiran, catat hal-hal yang menonjol sebagai bahan evaluasi dan perhatikan faktor keamanan baik personel maupun materiil dalam situasi Pandemi Covid -19, pedomani protokol kesehatan yang ketat selama pelaksanaan kegiatan latihan”, pungkas Kasrem.

Kegiatan latihan penanggulangan bencana alam dilaksanakan mulai tanggal 15 sampai 19 November 2021 bertempat di Makodim 0707/Wonosobo dan latihan puncak pada tanggal 19 November 2021 bertempat di Desa Jebeng Plampitan Kecamatan Sokoharjo Kabupaten Wonosobo.

READ  Lakukan Gatur Di Dermaga Fery Cegah Gangguan Kamtibmas

Turut hadir Kasiops Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Mustakim S.I.P, Kasilog Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Cpl Ahmad Djuliardi, Para Dandim jajaran Korem 072/Pamungkas, para Dan/Ka Satdisjan jajaran Korem 072/Pamungkas dan Perwira Kodim 0707/Wonosobo. (Penrem072PMK)

Share :

Baca Juga

Tak Berkategori

Ini Yang Dilakukan Anggota Satpolairud Untuk Tekan Karhutla Di bantaran Das Kahayan

Tak Berkategori

Bhabinkamtibmas Polsek Maliku Sosialisasikan Maklumat Kapolda Kalteng Nomor : Mak/3/VI/2022

Tak Berkategori

Sampaikan Larangan Karhutla Kepada Masyarakat Oleh personil Polsek Kahayan Tengah

Tak Berkategori

Personel Polsek Maliku Melaksanakan Pendisiplinan Prokes dilingkungan Pasar

Tak Berkategori

Polsek Maliku Amalkan Butir sila Pertama Pancasila

Tak Berkategori

Jalin Silaturahmi dengan Masyarakat, Bhabinkamtibmas Food Estate Melaksanakan Sambang Desa dan Menyampaikan Pesan-pesan Kamtibmas

Tak Berkategori

Bhabinkamtibmas Polsek Maliku Maksimalkan Sosialisasi Larangan Karhutla

Tak Berkategori

Personil Polsek Kahayan Tengah Gelar KRYD Di Depan Mako Polsek Kahayan Tengah