Home / Tak Berkategori

Jumat, 26 November 2021 - 17:02 WIB

Hutan Lindung Beralih Fungsi Jadi Lahan Pertambangan Timah Ilegal

 

SINARRAYANEWS.COM || KAB BANGKA – Hutan lindung yang berlokasi di jalan lintas timur, Riding Panjang, Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Diduga hutan lindung tersebut, kini telah beralih fungsi menjadi lahan pertambangan timah ilegal. Padahal, hutan memiliki manfaat yang baik bagi kehidupan makhluk hidup, hutan sebagai pemberi oksigen dan juga penyerap karbon dioksida sudah memberikan manfaat bagi kelangsungan hidup manusia dan juga lingkungan.

Namun saat ini, sudah tidak dipungkiri lagi, kerusakan hutan lindung menjadi suatu permasalahan yang sangat memprihatinkan, bagaimana tidak, hutan saat ini sudah banyak yang beralih fungsi sehingga akan mengancam kelangsungan manusia karena perubahan lingkungan. Banyak hutan lindung yang kini menjadi rusak akibat ulah oknum manusia yang tidak bertanggung jawab dengan melakukan pertambangan timah dan juga alih fungsi lahan, tanpa disadari hal ini akan menjadi sumber bencana bagi kehidupan kedepan. Bukan hanya manusia yang terancam, namun juga ekosistem makhluk hidup lain akan terancam hal tersebut karena Hutan merupakan ekosistem kompleks yang berpengaruh kepada hampir setiap spesies yang ada di bumi.

Kemudian, team awak media menelusuri info terkait diduga adanya aktivitas pertambangan timah ilegal tersebut.

Berdasarkan penelusuran di lokasi sepanjang kawasan hutan lindung, ditemukan suatu aktivitas pertambangan timah menggunakan mesin Dompeng.

Saat dikonfirmasi team awak media dilokasi, Ade yang menggaku sebagai Kasi pemerintahan yang bertugas di kantor pemerintah kenanga mengatakan ini bukan kawasan hutan lindung melainkan Area Peralihan Lahan (APL), Jumat (26/11/2021).

“Saya hanya pengelola area peralihan lahan, ada suratnya dari tahun 1978. Ini merupakan sumber pencarian masyarakat, dalam satu kilo timah itu masyarakat yang bekerja dapat Fee 25.000/Kg, dan jual nya kemana saja,” ucap Ade kepada awak media di lokasi pertambangan.

READ  Polsek Jabiren Raya Bagikan Selebaran Pelayanan SKCK kepada Masyarakat

Penulis : Team Taring

Share :

Baca Juga

Tak Berkategori

Antisipasi Kenakalan Remaja, SatBinmas Polres Pulang Pisau Laksanakan Penyuluhan Ke Sekolah

Tak Berkategori

BERI HIMBAUAN KAMTIBMAS, KANIT BHABINKAMTIBMAS POLRES PULPIS SAMBANGI PEDAGANG PASAR PATANAK

Tak Berkategori

Cegah sejak dini Karhutla Bhabinkamtibmas Food Estate laks giat sambang ke warga

Tak Berkategori

Polres Pulang Pisau membagikan pamflet brosur dan stiker untuk mengutamakan keselamatan lalu lintas kepada masyarakat pengguna jalan raya

Tak Berkategori

Polsek Kahayan Kuala lakukan Patroli Kamtibmas dengan sasaranĀ  pada objek Vital dan Perkantoran demi menciptakan rasa aman.

Tak Berkategori

Personil Polsek Pandih Batu Melaksanakan Penyemprotan Cairan Disinfektan di tempat Fasilitas umum.

Tak Berkategori

Saat melaksanakan Patroli Dialogis petugas berikan himbauan Kamtibmas ke pedagang di pasar tradisional

Tak Berkategori

Rawan Terjadinya Penimbunan Minyak Goreng Bhabinkamtibmas Cek Ketersedian Stok Di Pasar