Berbagi Kasih, Satgas Pamtas TNI Yonmek 403/WP Panen Kacang Panjang Bersama Masyarakat di Wilayah Perbatasan RI-PNG

 

Sinarrayanews.com || KEEROM, – Dalam rangka membantu masyarakat di bidang perkebunan, pada momen bulan November yang baik ini dimanfaatkan oleh Pos KM 140 Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista untuk berbagi kepada masyarakat dengan mengajak masyarakat memanen hasil kebun kacang panjang Pos KM 140 di Kampung Monggoefi, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista, Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Selasa, (09/11/2021).

Dansatgas menuturkan bahwa kendala yang masih dihadapi masyarakat pribumi di wilayah perbatasan RI-PNG ini adalah keterbatasan pangan salah satunya sayur mayur, oleh karena itu jajaran Pos Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista di wilayah perbatasan turut membantu dalam hal penyediaannya, salah satunya seperti yang dilakukan oleh Pos KM 140 dengan memanfaatkan lahan tidur disekitar pos menjadi lahan produktif dengan menanam berbagai macam jenis bibit sayur-sayuran yang hasilnya dimanfaatkan untuk membantu masyarakat di wilayah perbatasan.

“Kegiatan ini merupakan Bentuk pembinaan Satgas Pamtas TNI Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista kepada masyarakat dengan memberikan pengetahuan dan pengalaman secara langsung di bidang perkebunan sayur-mayur selain itu juga untuk ikut serta mendukung program ketahanan pangan nasional yang digagas pemerintah, sehingga diharapkan nanti dapat memenuhi kebutuhan sayur mayur bagi masyarakat di wilayah perbatasan ini,” ucap Dansatgas.

Di tempat terpisah, Danpos KM 140 Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letda Inf Hengky Dwi C mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat setempat bahwa lahan yang ada disekitar rumah kita bisa produktif dan menghasilkan kebutuhan pangan apabila diolah dengan baik sehingga dapat mengatasi kebutuhan pangan bagi masyarakat.

“Kami yakin melalui program kegiatan binter dibidang perkebunan seperti kegiatan panen kacang panjang ini dan nantinya akan disusul dengan panen mentimun serta sayur mayur lainnya apabila dilakukan bersama masyarakat dapat menggugah semangat dan kreatifitas masyarakat setempat dalam mengentaskan permasalahan kesulitan pangan khususnya sayur mayur bagi masyarakat di wilayah perbatasan ini, dan pada kesempatan yang baik ini kami mengajak masyarakat untuk sama-sama panen kacang panjang,” ujar Hengki.

Sementara itu, salah satu warga kampung Monggoefi Mama Evelin (48), mengucapkan terimakasih kepada Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos KM 140 yang telah berbagi hasil panen kacang panjang dan beberapa hasil kebun lainnya kepada masyarakat kami, terimakasih juga atas dukungan semangat dan pengetahuannya kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat ikut bercocok tanam dan panen sayur mayur bersama bapak-bapak Satgas TNI.

“Terimakasih banyak kepada bapak-bapak TNI dari Pos KM 140 yang telah kasih bantu masyarakat kami bercocok tanam sayur sayuran, sehingga kami bisa mengatasi kesulitan mendapatkan sayur sayuran, semoga pengalaman ini jadi bekal bagi kami untuk melanjutkan perkebunan ini,” ujar Evelin. (Pen Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.