Bersama Tim Gabungan, Babinsa Koramil 09/Sosa Perketat Posko Perbatasan Siaga Covid-19 Padang Lawas

sinarrayanews.com || Padang Lawas – Personel gabungan Satuan Tugas (Satgas) lintas sektoral penanggulangan virus corona (Covid-19) mengawasi gerbang masuk ke perbatasan antara Provinsi SUMUT dan Provinsi RIAU yang terletak di Desa Sungai Korang Kecamatan Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas malaksanakan pemantauan dan pemeriksaan mencegah penyebaran virus corona masuk ke daerah Kabupaten Padang Lawas, Jumat (10/04/2020)

Hal itu diungkapkan Babinsa Koramil 09/Sosa, Kodim 0212/TS Serda Hotman Idris Siregar bersama rekannya Serda Riswan Taufik Hasibuan saat melaksanakan penjagaan di posko terpadu pemeriksaan kendaraan, penumpang dan barang untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di Kabupaten Padang Lawas.

Serda Hotman Idris Siregar menjelaskan kepada para pelintas, “bahwa penjagaan di Posko Siaga Covid-19 ini adalah untuk memutus penyebaran virus corona dengan cara menyemprotkan cairan disinfektan ke kendaraan yang melintas masuk dari arah Provinsi Riau ke arah Kabupaten Padang Lawas Sumut dan melakukan cek kesehatan suhu badan bagi pengemudi maupun penumpang serta menghimbau kepada para penumpang agar selalu menjaga jarak aman antara penumpang yang satu dengan yang lainya serta menggunakan masker untuk langkah antisipasi menjaga diri dari virus corona.” terang Serda Hotman.

Di tempat terpisah Danramil 09/Sosa Kapten Arh Saleh Hasibuan menyampaikan “Kita sudah membuat Posko di perbatasan antara Kab Padang Lawas SUMUT dan Provinsi RIAU, Posko yang kita dirikan ini kerja sama dengan TNI-Polri, BPBD, Dinkes dan Dishub,” kata Danramil 09/Sosa.

Ia menjelaskan, Posko itu memiliki Standar Operating Prosedur (SOP) yang ditetapkan. Setiap kendaraan yang akan masuk ke wilayah Kecamatan Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas akan dihentikan dan seluruh penumpangnya akan menjalani pemeriksaan kesehatan di Posko itu.

“Semua penumpang akan kita periksa kesehatannya, seperti suhu tubuh dan kendaraan yang mereka pakai akan kita semprotkan dengan disinfektan untuk mencegah penyebaran Covid-19 ,” jelas Danramil,

setelah melakukan pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan tidak ada gejala Virus Corona Covid-19, barulah mereka bisa melanjutkan perjalanan. Hal ini harus dilakukan di lapangan dikarenakan kita tidak ingin mengambil resiko yang membahayakan kesehatan masyarakat di wilayah kami.” tuturnya.

“dan Kalau ada yang mengarah ke gejala Covid-19 maka mereka akan disuruh kembali dan segera menuju ke rumah rakit rujukan terdekat untuk mendapatkan penanganan. Kita tidak ingin mengambil resiko,” tegasnya.

Pemeriksaan kesehatan itu akan terus dilakukan sampai wabah Covid-19 ini reda. Karena itu, kita berharap seluruh masyarakat agar selalu mengikuti petunjuk sesuai surat edaran pemerintah dan bersama-sama melawan Virus Corona Covid-19 ini karena Bencana merupakan Urusan Bersama

dalam kegiatan tersebut jumlah personel yang dilibatkan dalam Posko Pemeriksaan ini terdiri dari Satgas gabungan yakni anggota TNI, Polri, Pol PP, Linmas, Dishub, Dinkes dan BPBD Padang Lawas. Hingga saat ini, Posko masih terus diberlakukan hingga batas waktu aman dari pada Pandemi COVID 19.

Jurnalis: Udn

error: Content is protected !!