Kodim 0201 Gelar Donor Daraah Untuk Membantu Stock Darah PMI

sinarrayanews.com || Situasi saat ini yang diakibatkan perkembangan virus Covid- 19 berimbas pada semakin menipisnya persediaan stock darah di PMI, hal ini disikapi dengan positif oleh Kodim 0210/TU.

Kodim 0210/ TU melaksanakan bakti sosial donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tapanuli Utara bertempat di Makodim 0210/TU Jalan Suprapto No.1 Tarutung ( Rabu, 08 April 2020)

Dikatakan Dandim 0210/TU letkol Czi Roni Agus widodo S.Sos. M.Han melalui Kasdim 0210/TU Mayor Arm Ojak Simarmata mengatakan kegiatan Donor darah yang dilakukan ini merupakan
imbauan dari Pemerintah untuk mengurangi aktivitas berkumpul ramai dan mengisolasi diri di rumah telah membuat kegiatan donor darah mulai berkurang. Hal ini pun lantas membuat pasokan darah yang ada menjadi semakin berkurang.

“Kami melakukan donor darah untuk mengantisipasi dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 ini , mendonorkan darah merupakan satu tindakan yang mulia karena setetes darah yang kita berikan sangat berarti bagi kelangsungan hidup seseorang yang membutuhkan’, ujar Kasdim

Manfaat donor darah juga meningkatkan produksi sel darah merah. Ini karena saat melakukan donor, sel darah merah akan berkurang. Sumsum tulang belakang pun akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang. Dengan rutin melakukan donor darah, tubuh akan terpicu untuk melakukan pembentukan darah baru yang segar,” ujar Kasdim.

Bagi pendonor tidak perlu khawatir untuk mendonorkan darahnya ditengah pandemi ini, sebab PMI sudah memiliki protokol dan Standar Oprasional Prosedur (SOP) untuk melakukan donor ditengah pandemi.

“Kami menjamin bagi yang akan donor darah dengan aman, karena sesuai SOP yang diberlakukan,” kata Mayor Simarmata kembali.

Reporter: Udn

error: Content is protected !!