Babinsa Koramil 04/HB hadiri Pelantikan BPD

sinarrayanews.com || Camat Harian Roberthon Manik melantik BPD desa turpuk limbong diaulah kantor camat harian . Pada pelantikan tersebut Dihadiri Kepala desa turpuk limbong Viktor Sinaga beserta para perangkat desanya, Babinsa koramil 04/Harianboho sertu DHP sihotang. Minggu 22/03/2020.

Badan Permusyawaratan Desa atau yang disebut dengan nama lain adalah lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk Desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis.

Dalam upaya meningkatkan kinerja kelembagaan di tingkat Desa, memperkuat kebersamaan, serta meningkatkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat, Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa memfasilitasi penyelenggaraan Musyawarah Desa.

Sesuai  Permendagri No.110/2016 Badan Permusyawaratan Desa mempunyai fungsi, membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa, dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.

Tugas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tersebut, termuat dalam Bagian Kedua Pasal 32 Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 tentang BPD .Menggali aspirasi masyarakat,Menampung aspirasi masyarakat,

Mengelola aspirasi masyarakat,Menyalurkan aspirasi masyarakat;

Menyelenggarakan musyawarah BPD,Menyelenggarakan musyawarah Desa,Membentuk panitia pemilihan Kepala Desa,

Menyelenggarakan musyawarah Desa khusus untuk pemilihan Kepala Desa antar waktu,Membahas dan menyepakati rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa,Melaksanakan pengawasan terhadap kinerja Kepala Desa,Melakukan evaluasi laporan keterangan penyelenggaraan Pemerintahan Desa,Menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan Pemerintah Desa dan lembaga Desa lainnya,dan melaksanakan tugas lain yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan. Badan Permusyawaratan Desa mengacu kepada regulasi desa yakni Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Jurnalis: Udn

Back to top button
Close
Close