Dua Tersangka Kasus Korupsi Dana APBDes Berhasil Di Bekuk Polisi

sinarrayanews.com Bangakalan, Sabtu(21-12-2019), Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra, Dalam jumpa pers di ruang jumpa pers Mapolres Bangkalan, Sabtu pagi (21-12-2019), pukul 11.00 wib, mengungkap kasus Korupsi Dana APABDes Lerpak, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan, TA 2016.

Rama Samtama Putra mengatakan, penyelidikan terhadap dugaan kasus korupsi Dana APBDes di Desa Larpak, Kecamatan Geger, dilakukan sejak akhir tahun 2018 yang lalu, dan pada tanggal 16 Desember 2019, tim peneliti dari jaksa penuntut umum menyatakan sudah lengkap, ujarnya.

Dari hasil laporan yang diterima Rama menjelaskan, kedua tersangka diduga telah melakukan pemalsuan SPJ, yang menggunakan Dana APBDes, salah satunya adanya kegiatan proyek pengaspalan dan pembuatan salauran air dll, yang diduga teknisnya tidak sesuai dengan spesifikasinya,

Tidak hanya itu, kedua tersangka telah melakukan juga, kegiatan fiktif yang menggunakan Dana APBDes juga, seperti Honor nara sumber musdes,honor panitia dan lain lain, ungkap Rama.

“kedua tersangka kasus pemalsuan SPJ,.kegiatan yang menggunakan Dana APBDes, bernama, musdari(50th) seorang PNS Pj kepala Desa Lerpak, sebagai pengelola anggaran dan Moh.kholil(31th) selaku pelaksana kegiatan,jelasnya Rama.

Pj kepala Desa Musdari(50th) dan Moh.kholil(31th) ditangkap pihak kepolisian setelah dilakukan pemanggilan terhadap kedua tersangka,pada hari Jum’at(20-12-2019) Meraka ditangkap karna diketahui telah melakukan, pemalsuan SPJ Dana APBDes, yang di duga telah merugikan uang Negara sekitar Rp 316 juta,dan polisi berhasil mengamankan barang bukti sisa uang yang belum di belnjakan sebesar Rp 7juta, beserta beberapa surat dokumen.terangnya Rama Samtama Putra

Karna ulahnya kedua tersangka di jerat dengan pasal 2 dan 3 UU Nomor 18 serta Pasal 14 Nomor 31 Tahun 1999, sebagaimana di rubah UU Nomor 20 Tahun 2001, tentang pemerataan tindak pidana korupsi, Dengan ancaman hukuman minimal 1thn dan maksimal 20 tahun penjara.

“Untuk penyelidikan lebih Kapolres AKBP Rama Samtama Putra menjelaskan, kami akan limpahkan berkas perkara tersebut ke kejakasaan, dan untuk penyelidikan lebih lanjut kami akan tunggu hasil dari pada persidangan nanti, tutup nya Rama Samtama Putra di ruang jumpa pers.

(zis)

Admin SR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Perjalanan Panjang Sapari vs Kepala BPOM: Berjuang Demi Martabat Anak dan Istri

Sen Des 23 , 2019
sinarrayanews.com Bangakalan, Sabtu(21-12-2019), Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra, Dalam jumpa pers di ruang jumpa pers Mapolres Bangkalan, Sabtu pagi (21-12-2019), pukul 11.00 wib, mengungkap kasus Korupsi Dana APABDes Lerpak, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan, TA 2016. Rama Samtama Putra mengatakan, penyelidikan terhadap dugaan kasus korupsi Dana APBDes di Desa Larpak, […]