Babinsa Muara Hungi Bersama Dinkes Sosialisasikan 5 Pilar STBM.

sinarrayanews.com Barabai Kalsel. Dalam rangka mensosialisasikan 5 Pilar STBM Babinsa Koramil 1002-01/Birayang Serda Wahyu Arif Sasmito bersama petugas kesehatan Puseksmas Batu Tangga dan Dinas Kesehatan Kab.HST di Desa Muara Hungi kecamatan Batang Alai Timur kabupaten Hulu Sungai Tengah,pada Kamis (05/12/19).

Seperti disampaikan oleh Ka Puskes Batu Tangga Nor Kamainah S.Kep bahwa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Program STBM memiliki indikator outcome dan output. Indikatoroutcome STBM yaitu menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku.

5 Pilar STBM tersebut adalah Stop Buang Air Sembarangan; Cuci Tangan Pakai Sabun; Pengelolaan Air Minum dan Makanan; Pengelolaaan Sampah serta Pengelolaan Limbah cair,”terangnya.

Ditambahkan pula oleh Nor Kamainah bahwa setiap individu dan komunitas harus mempunyai akses terhadap sarana sanitasi dasar sehingga dapat mewujudkan komunitas yang bebas dari buang air di sembarang tempat. Setiap rumah tangga harus menerapkan pengelolaan air minum dan makanan yang aman di rumah tangga. Sedangkan sarana pelayanan umum dalam suatu komunitas (seperti sekolah, kantor, rumah makan, puskesmas, pasar, terminal) harus tersedia fasilitas cuci tangan (air, sabun, sarana cuci tangan), sehingga semua orang mencuci tangan dengan benar,”terangnya.

Selain melaksanakan sosialisasi tentang 5 Pilar STBM juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan kepada warga masyarakat oleh dr. Fajar Oktafianto dari Dinas Kesahatan HST dibantu oleh tenaga medis dari Puskes Batu Tangga.

Sementara itu Serda Wahyu Arif Sasmito menyampaikan untuk menuju desa Muara Hungi harus ditempuh selama 2 jam menggunakan kendaraan roda dua dari Puskesmas Batu Tangga. Desa Muara Hungi juga mempunyai dua anak desa yaitu Indan dan Maliringan yang merupakan kawasan pengunungan Meratus.
Dengan adanya Sosialisasi 5 Pilar STBM ini diharapkan masyarakat dapat berprilaku hidup sehat dengan tidak membuang air besar sembarang agar terhindar dari berbagai penyakit,”pungkasnya.(pendim1002).

Admin SR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tanggap Akan Bencana Alam, Babinsa Kodim 0315/Bintan Ikuti Latihan Penanggulangan Bencana Alam di Makorem 033/WP

Sab Des 7 , 2019
sinarrayanews.com Barabai Kalsel. Dalam rangka mensosialisasikan 5 Pilar STBM Babinsa Koramil 1002-01/Birayang Serda Wahyu Arif Sasmito bersama petugas kesehatan Puseksmas Batu Tangga dan Dinas Kesehatan Kab.HST di Desa Muara Hungi kecamatan Batang Alai Timur kabupaten Hulu Sungai Tengah,pada Kamis (05/12/19). Seperti disampaikan oleh Ka Puskes Batu Tangga Nor Kamainah S.Kep […]