20 Ribu Ton Beras Busuk Bakal Dimusnahkan? DPR Bereaksi: Panggil Bulog Pekan Depan

Sinarrayanews.com, Jakarta – Berita menggemparkan muncul dari gudang bulog yang sedianya akan memusnahkan sedikitnya 20 ribu ton beras senilai Rp 160 miliar karena busuk.

Beras yang membusuk itu disimpan di gudang Bulog. Diduga kuat akibat kebijakan impor beras yang dilakukan oleh mantan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Merespon hal itu, Wakil ketua Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKB Daniel mengatakan, DPR akan memanggil Bulog untuk meminta klarifikasi terkait rencana pemusnahan beras terebut.

“Pekan depan, lagi diatur jadwal karena sudah penuh,” ungkap Daniel lansir laman Politik RMOL, Selasa (3/12/2019) kemarin.

Komisi IV juga akan melakukan investigasi mendalam mengenai dugaan adanya impor beras yang berlebihan oleh Enggartiasto Lukita. “Iya enggak sesuai data kebutuhan, dan sudah kami rencanakan (mengusut),” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri Wahyudi Saleh mengatakan pemusnahan dilakukan karena usia penyimpanan beras tersebut sudah melebihi 1 tahun.

Seperti diketahui, 20 ribu ton beras cadangan di gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) akan dimusnahkan atau didisposal. Pemusnahan ini dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

CBP harus dilakukan disposal (pembuangan) apabila telah melampaui batas waktu simpan paling sedikit empat bulan atau berpotensi dan atau mengalami penurunan mutu. Sementara, ‘Batas waktu’ simpan terhitung mulai CBP disimpan di gudang yang dikuasai Perum Bulog. Permentan tersebut mulai aktif pada Oktober 2018.

(red/Sinarrayanews)

Admin SR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Granat yang Meledak Milik Siapa? Kapolda: Bisa Saja Milik Polisi

Rab Des 4 , 2019
Sinarrayanews.com, Jakarta – Berita menggemparkan muncul dari gudang bulog yang sedianya akan memusnahkan sedikitnya 20 ribu ton beras senilai Rp 160 miliar karena busuk. Beras yang membusuk itu disimpan di gudang Bulog. Diduga kuat akibat kebijakan impor beras yang dilakukan oleh mantan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Merespon hal itu, Wakil […]