Kodim 0702 Purbalingga Sebagai Satuan Kewilayahan Dan Masyarakat Tidak Terpisahkan

sinarrayanews.com Purbalingga. TNI dan masyarakat memang tidak dapat dipisahkan, karena TNI berasal dari rakyat dan akan selalu bersama-sama dengan rakyat dalam menjaga keutuhan NKRI. Untuk itu TNI terus menjaga kemanunggalan TNI dengan rakyat, melalui pembinaan teritorial. Binter merupakan salah satu fungsi utama TNI dan merupakan bagian tugas yang harus dilaksanakan untuk menwujudkan kemanungglan TNI dan rakyat dalam rangka tercapainya tugas pokok TNI. Dalam mewujudkan dan memelihara semangat kemanunggalan TNI Rakyat maka diperlukan suatu sikap perilaku TNI yang baik, agar tercipta citra positif di masyarakat. Binter merupakan salah satu fungsi utama TNI dan merupakan bagian dari tugas yang harus dilaksanakan untuk mewujudkan kemanunggalan TNI Rakyat dalam rangka tercapainya tugas pokok TNI.

Binter sebagai salah satu fungsi utama TNI diselenggarakan secara profesional sebagai bagian dari panggilan tugas untuk menjaga keutuhan wilayah dan kedaulatan NKRI. Jatidiri TNI sebagai Tentara Rakyat sangat melekat pada dada setiap prajurit dimana kemanunggalan TNI dengan rakyat merupakan roh maupun jiwanya TNI. Oleh karena itu dalam gelar satuan TNI diwujudkan organisasi yang bertugas membina kemanunggalan TNI dengan Rakyat melalui Satuan Komando kewilayahan (Satkowil) untuk menyiapkan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara.

Dalam implementasinya Binter dilaksanakan TNI secara profesional tetap mengedepankan kepentingan politik negara yang mengacu pada nilai dan prinsip demokrasi, supremasi sipil, dengan tetap memegang teguh Jati diri TNI. “Pelaksanaan Binter harus dapat diukur, dipertanggungjawabkan dan dirasakan manfaatnya secara nyata, aktual dan faktual bagi kepentingan aspek kesejahteraan dan pertahanan yang memegang teguh prinsip-prinsip penyelenggaraan pertahanan negara. Yang dimaksud pemberdayaan wilayah adalah membantu pemerintah menyiapkan potensi daerah, membantu pemerintah menyelenggarakan pertahanan dasar kemiliteran dan membantu pemerintah memberdayakan rakyat sebagai komponen pendukung pertahanan negara.

Selanjutnya dalam memberdayakan kekuatan pertahanan, TNI harus berperan aktif, sedangkan kekuatan TNI saat ini adalah Satkowil yang tergelar dari tingkat Desa, Kecamatan sampai Kabupaten/Kota. Oleh karena itu Komandan Satkowil harus bisa mengembangkan peranannya didaerah, terutama dalam membina potensi pertahanan untuk memberdayakan menjadi kekuatan pertahanan, guna mempertahankan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah, melindungi kehormatan dan keselamatan bangsa Indonesia. (Pendim 0702/Pbg)

Admin SR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kasdim 0702/Purbalingga Turut hadiri Senam Bersama Dalam Rangkaian Hari Disabilitas Internasional

Sen Des 2 , 2019
sinarrayanews.com Purbalingga. TNI dan masyarakat memang tidak dapat dipisahkan, karena TNI berasal dari rakyat dan akan selalu bersama-sama dengan rakyat dalam menjaga keutuhan NKRI. Untuk itu TNI terus menjaga kemanunggalan TNI dengan rakyat, melalui pembinaan teritorial. Binter merupakan salah satu fungsi utama TNI dan merupakan bagian tugas yang harus dilaksanakan […]

Breaking News