Visi menuju masyarakat yang mengerti betul hukum yang berlaku di negeri ini

sinarrayanews.co.|KOTA TEGAL – Visi menuju masyarakat yang mengerti betul hukum yang berlaku di negeri ini, Pemkot Tegal melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Tegal mengadakan sosialisasi peraturan perundang-undangan bagi masyarakat, dan sosialisasi ini berlangsung di balai Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Pada sosialisasi ini, Kepala Kelurahan Kejambon, Agus Pramuardi, S.H, M.Si dan semua perwakilan Ketua RW dan RT masing-masing se-Kelurahan Kejambon turut diundang di acara yang berlangsung siang tadi, Selasa (8/10/2019).

Sebagai pembicara dalam sosialisasi ini, Budi Hartono, S.H, M.H Kepala Bagian Hukum Setda Kota Tegal, Heri Kurniawan, S.H, M.Hum Kepala Bidang Penegakan Perundang-undangan Daerah Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tegal, Anang Riadiarto,S.H, M.Si Kepala UPT PBB Badan Keuangan Daerah Kota Tegal, Gunawan Adisusyanto, S.H, Kepala Sub Bagian Dokumentasi dan Penyuluhan Hukum Bagian Hukum Setda Kota Tegal, Agus Pramuardi, S.H Lurah Kejambon Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Sesuai kapasitas dan latar belakang masing-masing pembicara, materi disampaikan menyesuaikan dari para pembicara.

Diawal sosialisasi , Anang Riadiarto, S.H, M.Si menjelaskan aturan hukum yang diberlakukan terkait Permendagri No.112 tahun 2016 tentang konfirmasi status wajib pajak dalam pemberian layanan publik tertentu dilingkungan Pemerintah Daerah. Masyarakat dapat mengakses data PBB-nya dengan membuka website simpbbtegalkota.go.id kemudian menuliskan Nomor Obyek Pajak sedang untuk Kelurahan dapat mengakses data PBB-nya dengan membuka website simpbbtegalkota.go.id kemudian menuliskan login kelurahan tersebut. Heri Kurniawan, S.H, M.Hum memberikan penjelasan terkait Perda Kota Tegal No.9 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. Dijelaskan, Pemerintah Daerah berkewajiban melaksanakan pemeliharaan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, menjaga dan memelihara kelestarian fungsi lingkungan dan kesehatan lingkungan, melakukan bimbingan, pengendalian dan pengawasan terhadap penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, melakukan pembinaan kepada masyarakat terhadap penyelenggaraan ketertiban umum, kondusifitas lingkungan dan ketentraman dalam masyarakat, pungkasnya.(fauzi)

error: Content is protected !!