Gedangan Sidoarjo Gelar Shalat Idul Adha Bersama


sinarrayanews.com SIDOARJO – Hari Raya Idul Adha 1440 H tahun ini dilaksanakan tepat hari minggu (11/8/2019), seluruh umat muslim berbondong-bondong mendatangi masjid ataupun tempat terbuka yang memang telah dipersiapkan untuk momen tersebut, ya perayaan yang biasa juga kita kenal sebagai Idul Qurban ini menjadi salah satu hari besar bagi umat Islam dalam memperingati pengorbanan Nabi Ibrahim alaihissalam dan Putranya Nabi Ismail alaihissalam dalam mewujud nyatakan ketaatannya kepada Allah SWT.

Tak terkecuali di Perumahan Permata Alam Permai yang berlokasi di Kelurahan Desa Gemurung Kecamatan Gedangan ini juga menyelenggarakan Sholat Ied bersama di Masjid Al-Muhajirin dengan ratusan warga baik yang bermukim di perumahan tersebut maupun warga yang ada di sekitar perumahan.

Pelaksanaan Sholat Idul Adha di Masjid Al-Muhajirin ini menghadirkan penceramah Drs.H.Nur Ibadi, SE, MM dari kantor Kemenag Sidoarjo, dengan mengangkat hikmah dari ceramahnya akan makna mendalam yang terkandung dalam peristiwa Idul Adha itu sendiri.

Salah satunya adalah peristiwa Qurban yang dialami oleh Nabi Ibrahim alaihissalam yang diminta untuk menyembelih Putra semata wayangnya Nabi Ismail alaihissalam demi semata-mata menunjukkan keikhlasan dan ketaatannya dalam menunaikan perintah Allah SWT, yang kemudian peristiwa ini juga di refleksikan dalam seluruh rangkaian Ibadah Haji yang saat ini juga berlangsung di tanah suci Mekah dan Madinah.

Ustadz Arifin ketua Ta’mir Masjid Al-Muhajirin Perumahan Permata Alam Permai kepada Sinarraya.co.id mengatakan, bahwa pelaksanaan Sholat Idul Adha di Perumahan ini merupakan rangkaian kegiatan rutin yang dilaksanakan sejak tahun-tahun sebelumnya ”ini merupakan bentuk partisipasi aktif warga perumahan dan sekitarnya dalam mewujudkan Sholat Ied bersama di tempat ini dan sudah menjadi agenda rutin kami ” paparnya.

Ustadz Arifin juga menambahkan bahwa pihaknya selaku Ketua Ta’mir Masjid sangat bersyukur sebab dengan adanya Masjid di perumahan ini, bisa menjadi spirit tersendiri bagi umat muslim dalam melaksanakan ibadahnya sehari-hari ” kehadiran Masjid di tempat ini warga sangat antusias dan tak perlu keluar perumahan untuk Sholat dan bahkan kami pun banyak kegiatan pengajian rutin setiap bulan bersama warga di perumahan ini ” kata pria yang dikenal bersahaja oleh warganya.

Setelah pelaksanaan Sholat Idul Adha, kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban di halaman Masjid Al-Muhajirin.

Sementara Buchori Sidiq, Selaku ketua panitia Idul Adha menuturkan, bahwa Idul Qurban tahun ini pihaknya menyembelih hewan kurban sebanyak 15 ekor sapi dan 27 ekor kambing.

Dijelaskan, dengan jumlah hewan kurban tersebut, diperkirakan jumlah mustakhik (yang berhak menerima daging) sebanyak 2.550 orang dengan masing-masing mendapat 500 gram daging yang dikemas dalam 1 kantong kresek.

Para mustakhik merupakan warga RW 5 Perumahan Permata Alam Permai, warga Desa Gemurung dari RW 1 sampai dengan RW 4, warga Desa Ngudi, warga Desa Punggul, penjaga palang pintu kereta api dan 5 yayasan anak yatim yang berada di sekitaran wilayah Kecamatan Gedangan.

“Berhubung jumlahnya banyak, pemotongan hewan kurban di halaman Masjid Al-Muhajirin dimulai sekitar pukul 08.00 WIB dengan bantuan warga setempat, pungkasnya. (sinarrayanews.com/BGS)

Admin SR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kolonel Sonny yang juga sebagai Komandan Korem 044/Garuda Dempo juga menyatakan bahwa di Makorem 044/Gapo sendiri sudah disiapkan Pos Komando

Sel Agu 13 , 2019
sinarrayanews.com SIDOARJO – Hari Raya Idul Adha 1440 H tahun ini dilaksanakan tepat hari minggu (11/8/2019), seluruh umat muslim berbondong-bondong mendatangi masjid ataupun tempat terbuka yang memang telah dipersiapkan untuk momen tersebut, ya perayaan yang biasa juga kita kenal sebagai Idul Qurban ini menjadi salah satu hari besar bagi umat […]