Program STBM Danramil Birayang Turun Langsung ke Lapangan

 

Barabai Kalsel. sinarrayanews.com Sukseskan Program STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Danramil 1002-01/Birayang Kapten Inf Subhan turun langsung bersama anggota dan Kepala Puskesman Pkm Batu Tangga Ibu Norkamahima. S.Kep dalam pembuatan jamban milik bapak Asah di RT. 11 RW. 03 desa Batu Tangga Kecamatan Batang Alai Timur Kab. Hulu Sungai Tengah,pada Rabu (19/6).

Seperti disampaikan oleh Kepala Puskesman Pkm Batu Tangga ibu Norkamahima. S.Kep bahwa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. STBM menjadi acuan nasional untuk program sanitasi berbasis masyarakat sejak lahirnya Kepmenkes No 852/Menkes/SK/IX/2008 tentang Strategi Nasional Sanitasi Total Berbasis masyarakat.

STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) memiliki 6 (enam) strategi nasional, yaitu:
Penciptaan lingkungan yang kondusif (enabling environment), Peningkatan kebutuhan sanitasi (demand creation), Peningkatan penyediaan sanitasi (supply improvement)
Pengelolaan pengetahuan (knowledge management), Pembiayaan, Pemantauan dan evaluasi.

Sedangkan keunngulannya adalah Satu-satunya program yang mengusung non subsidi untuk pembangunan sarana jamban tingkat rumah tangga. Sampai saat ini masih menjadi program sanitasi yang terbukti paling cepat meningkatkan akses sanitasi dan perubahan perilaku higiene di Indonesia, STBM adalah satu-satunya program sanitasi yang menyasar langsung ke tingkat rumah tangga dan STBM berfokus pada perubahan perilaku, bukan pembangunan sarana, jelas Norkamahima.

Sementara itu Kapten Inf Subhan disela-sela pembuatan Jamban menyampaikan bahwa program STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) selaras dengan program TNI-AD yaitu Karya Bakti Pembuatan Jamban yang selama ini sudah dikerjakan oleh TNI-AD melalui satuan-satuan teritorial yang ada di seluruh wilayah Indonesia.pungkasnya.(hbib gila).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *