Gandeng Tokopedia, Umi Ajak UMKM Go Digital

 

Slawi – sinarrayanews.com Tangkap peluang perdagangan daring, Bupati Tegal Umi Azizah gandeng platform digital Tokopedia berdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal tersebut disampaikan Umi usai menandatangani nota kesepahaman antara Pemkab Tegal dengan PT. Tokopedia di Ruang Rapat Nusantara Gedung Amartha Setda Selasa (28/5) siang. Umi mengatakan, pergeseran pola belanja masyarakat digital dewasa ini harus bisa dimanfaatkan para pelaku UMKM terutama di perdesaan untuk meningkatkan produktifitasnya.

“Lewat e-dagang, sudah tidak ada lagi sekat desa kota, semuanya memiliki akses dan kesempatan yang sama untuk menawarkan produknya”, kata Umi. Azas pemerataan pembangunan ekonomi, sambung Umi, menjadi landasan prinsip dibangunnya kerjasama dengan perusahaan teknologi digital penyandang gelar unicorn tersebut.

Difasilitasi Tokopedia, kata Umi, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) akan berperan sebagai katalisator bagi tumbuh kembangnya usaha mikro dan wirausaha di perdesaan. “Tokopedia akan dirikan pusat layanannya di desa, mengenalkan BUMDes dengan teknologi daring untuk membantu menyiapkan UMKM masuk ke pasar digital-nya Tokopedia”, katanya.

Umi mengungkapkan, masuknya UMKM ke dalam jejaring mitra Tokopedia tentu akan bisa memutus mata rantai yang panjang proses distribusi penjualan barang, sehingga semakin mendekatkan produsen ke konsumen.

Hadir sebagai perwakilan PT. Tokopedia, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Astri Wahyuni mengatakan, pihaknya berencana akan mendirikan kantor perwakilan di Kabupaten Tegal. “Mimpi kami mengembangkan platform Tokopedia ini sangat besar, tapi kami sadar mimpi tersebut tidak dapat dicapai tanpa kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah”, katanya. Hal tersebut, ungkap Astri, karena perputaran ekonomi e-dagang sesungguhnya ada di daerah.

Astri memaparkan, Tokopedia tidak hanya berfokus pada e-dagang, tapi sudah bertransformasi sebagai layanan one-stop-solution kebutuhan masyarakat. “Banyak sekali inovasi layanan digital yang ditawarkan Tokopedia, salah satunya mendorong terwujudnya pemerintahan elektronik atau e-government”, ujarnya. Bahkan yang terbaru saat ini, lanjut Astri, di wilayah Jawa Tengah, para pelanggan Tokopedia sudah bisa membayar pajak kendaraan bermotornya melalui menu e-Samsat.

Mengakhiri paparannya, Astri menyampaikan jika pihaknya siap memberikan bantuan kepada Pemkab Tegal untuk mengembangkan program atau ide terkait digitalisasi layanan.(Fauzi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *