Petani Gunakan Pompa Air Untuk Airi Sawah

 

Kulon Progo. sinarrayanews.com  Lahan persawahan milik Kelompok Tani “Margo Dadi” di Dusun Tonobakal, Desa Hargomulyo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, adalah sawah tadah hujan. Menjelang musim kemarau kali ini, hujan jarang turun diwilayah tersebut khusunya dan Kulon Progo pada umumnya. Akibatnya sawah tadah hujan mengalami kekurangan pasokan air.

Menyikapi kondisi tersebut, untuk menyelamatkan tanaman padi yang sudah tumbuh, para petani menggunakan pompa air untuk menyedot air dari sumur pantek agar tanaman padi cukup air, terlebih pada saat sekarang ini dalam tahap perawatan/matun, jadi sangat butuh sekali pasokan air.

Untuk meringankan pekerjaan petani pada Babinsa Hargomulyo (Koptu Sugianto), Koramil kokap, Kodim Kulon Progo, melaksanakan pendampingan dan membantu petani yang sedang menyedot air dari sumur pantek untuk mengairi tanaman padi yang sedang dilakukan penyiangan. Petani berharap ada perhatian dari pemerintah agar lahan persawahan mereka didukung dengan adanya irigasi, sehingga pada saat tidak ada hujan sawah tetap cukup air. (Habib Gila)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *