Pasca Panen Warga Dusun Penggung dan Ngaglik Syukuran

 

Kulon Progo. sin sanarrayanews.com  Serka Sarana Babinsa Purwosari, Koramil Girimulyo, Kodim Kulon Progo bersama Perangkat Desa, Rabu .megikuti acara syukuran yang diselenggarakan oleh warga Dusun Penggung dan Ngaglik, Desa Purwosari, dengan menggunakan tempat dijalanan pinggir sawah.

Warga kedua dusun tersebut menggelar acara syukuran setelah selesai panen padi. Acara adat tersebut dengan istilah “Baritan”, dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rejeki yang diberikan kepada warga dusun tersebut. Kegiatan dilaksanakan di sore hari karena bertepatan dengan Bulan Ramadhan.

Dalam acara tradisi “Buritan’ tersebut, warga menyiapkan bermacam makanan termasuk ingkung ayam untuk disantap bersama. Selain untuk mewujudkan rasa syukur kepada Tuhan, acara tersebut juga sebagai ajang silaturahmi warga Dusun Penggung dan Ngaglik, agar tetap guyup rukun dalam kebersamaan. Saat buka puasa tiba warga, bersama Perangkat Desa dan Babinsa menikmati hidangan yang sudah disiapkan warga, demikian diinformasikan Babinsa. (Habib Gila)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *