Sasauw: Sejumlah Nama Digadang-gadang Cawalkot Manado

Sulut – sinarrayanews.com

Aura politik di Ibukota Propinsi Sulawesi Utara mulai bergeliat paska Pilpres dan Pileg. Sejumlah nama pun digiring masuk arena publik bakal mewarnai Pesta Demokrasi, Pemilihan Walikota Manado yang akan digelar akhir tahun 2020. Diperhelatan pesta lima tahunan itu membuat sejumlah pihak mulai mengusung jagoannya masing-masing yang berasal dari latar-belakang berbeda-beda mulai dari, mereka yang disebut politisi, akademisi, mantan birokrat, birokrat dan anggota Polri.

Nama-nama itu, selain AK7 sebutan populer dari seorang Drs. Arthur Kotambunan politisi gaek lagi berbudi luhur, yang dalam keseharian hidupnya mencerminkan sosok gemar menolong serta suka membatu sesama ketika dalam kesulitan, menjadi gaya hidup mantan anggota Deprov Sulut tahun 2004-2009 dan yang berhasil merebut kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Propinsi Sulawesi Utara pada pemilihan anggota legislative 17 april lalu. Keberhasilannya itu lebih pada ketokohannya yang sudah sangat mengakar tapi juga merakyat. Namun dikesempatan yang sama Sasauw berujar, AK7 bakal berhadap-hadapan dengan pesohor dan nama-nama beken lainnya seperti,

Audy Lumentut akademisi, adik kandung Walikota Manado ini, santer disebut-disebut bakal maju bertarung memperebutkan posisi orang nomor satu dikota yang lebih dikenal melalui gelaran tahunan dengan sebutan berbau klasik, Fiesta Manado, tidak lain berangkat dari ide serta gagasan Walikota Vicky Lumentut dan yang sudah dikenal luas baik regional, nasional maupun dunia internasional,

Audy Lumentut juga menurutnya tak berbeda jauh dengan AK7, Odi sapaan akrabnya selain berangkat dari latar-belakang sebagai seorang akademisi, disamping itu lelaki yang terlahir 52 tahun lalu juga dikenal sebagai pengusaha sukses merupakan sosok sedeharna, familiar dan dalam hal berbagi, pasangan hidup dari Franseska Kolanus, SIK tak segan-segan mengejawantakan hidup, melalui kemurahan hatinya menolong orang lain yang butuh uluran tangan darinya.

Demikian hal nya dengan satu nama beken lainnya, siapa lagi kalau bukan lelaki yang akrab dengan sapaan SP, singkatan dari dua penggalan kata, dirangkai menjadi sebuah nama yang sudah tidak asing lagi dimata masyarakat kota manado dialah sosok yang memiliki nama lengkap Drs. Sanny Parengkuan, MAP mantan birokrat handal, berkapasitas, bersih dan yang, kebaikan hatinya telah dikenal dimana-mana dan saat ini merupakan orang penting dalam jabatan vital dan strategis dilingkungan perbankan dalam status sebagai Komisaris Utama Bank Sulut-Go. Parengkuan disebutnya sebagai salah-satu figur yang diperhitungkan dimata sejumlah pengemuka dan tokoh masyarakat dan digadang-gadang maju sebagai bakal calon walikota manado,” ucap Sasauw.

Sementara mantan Kapolres Manado menurut Nelson Sasauw jangan dipandang sebelah mata, perwira menengah, dipundaknya tersemat tiga rangkaian bunga melati. Dilingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia disebut Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol). Lulusan Akademi Kepolisian yang dikenal dengan panggilan, Permana Mandagi anggota Polri aktif, sejak jauh-jauh dikenal rajin menyambangi warga dalam rangka membangun komunikasi dan interaksi termasuk bersosialisasi, bertemu muka dengan sejumlah masyakat manado tapi juga giat melakukan melakukan sosialisasi lewat berbagai alat peraga melalui penyebaran stiker, kalender maupun alat peraga lainnya intens dilakukan, itu tidak laiin tidak bukan kata Sasauw, bertujuan agar masyarakat semakin mengenalnya.

Kemudian, satu nama lainnya meskipun gaungnya belum begitu terdengar dan keterkenalannya serta ketokohannya jauh dan belum dapat menyamai ketenaran empat nama sebagaimana disebutkan sebelumnya, akan tetapi Christian Talumepa dinilai masih punya cukup waktu dalam membangun citra. Sasauw mengingatkan Talumepa untuk terjun langsung ke berbagai komunitas, tokoh dan pengemuka masyarakat yang tersebar di sembilan kecamatan dan, minimal setengah dari jumlah kelurahan yang ada dikota manado.

Sambil melakukan sentuhan-sentuhan berbau kemanusian. Mantan Kepala Biro Hukum, Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Kadis Tenaga Kerja Pemprov. Sulut yang saat ini dipercaya Gubernur Olly Dondokambey sebagai Staf Ahli Gubernur Sulut harus bekerja keras, meyakinkan publik kota manado bahwasanya diri-Nya, merupakan salah- satu figur bakal calon walikota manado, layak diperhitungkan,” ujar Sasauw.

Selain itu menurut Sasauw, ada satu nama populer yang telah malang-melintang didunia perpolitikan siapa lagi orang kalau bukan Felly Runtuwene yang tampil sebagai calon anggota DPR RI diusung, Partai besutan Surya Palloh, Nasional Demokrat disingkat Partai Nasdem pada gelaran pesta demokrasi pemilihan Presiden dan pemilihan Anggota Legislslative yang belum lama usai. Anggota DPRD Propinsi Sulut dari Fraksi Nasdem itu adalah salah-satu figur perempuan yang akan mewarnai peta politik digelaran Pilkada ditengara akan berlangsung kompetitif dan bakal menaikan tensi politik menjadi memanas dikala pentahapan Pilwako berjalan.

Sosok Felly Estelita Runtuwene, SE politisi Partai Nasdem didaulat sejumlah komponen masyarakat sebagai satu-satunya wanita yang bakal masuk bursa pencalonan walikota manado. Srikandi partai yang berhasil menembus electoral parlienmantery treshold diyakini akan menjadi pesaing kuat buat kompetitor lainnya seandainya berhasil maju menjadi calon walikota dinilai berpeluang merebut posisi orang nomor satu, menggantikan posisi yang akan ditinggalkan Vicky Lumentut ditahun 2021,” ucap Sasauw.

Sosok lainnya yang layak disorot misalnya mantan Walikota Manado Jimmy Rimba Rogi, S.Sos siapa yang tidak mengenai beliau dengan seabrek prestasi antara lain, Imba sapaan akrabnya berhasil menertibkan dan membersihkan pedagang kaki lima dari kawasan perkotaan, pusat perbelanjaan dan pertokoan selanjutnya direlokasi ketempat yang disediakan pemerintah kota. Dari prestasi yang fenomenal itu, Panglima, nama lain mamtan ketua DPD Partai Golkar Sulut mendapatkan apresiasi serta pujian masyarakat kota manado atas keberhasilannya itu.

Tokoh lainnya yang tak kalah populernya yaitu mantan Wakil Walikota Manado Harley Ai Mangindaan juga patut diperhitungkan, penyandang Gelar Doktor Ekonomi memiliki backround basis masa yang jelas sehingga dapat dikatakan sangat berpeluang besar merebut tampuk kekuasaan sebagai Walikota Manada, asalkan cermat dalam menentukan calon pendamping yang juga memiliki basis masa yang jelas. Hal lainnya yaitu bakal calon walikota pendampingnya nanti memiliki cukup modal sebagai biaya politik (Cost Politics), aku, Nelson Sasauw.

Sementara itu dari enam nama yang ditampilkan beberapa elemen masyarakat selain kredibel, kapasitasnya harus benar-benar terukur dan berbobot dengan kadar keilmuan bermutu, berkualitas dan mumpuni termasuk gambaran track record serta backround secara utuh yang dapat dandalkan sebagai bakal calon walikota manado. Hal lain yang tak kalah pentinnya dengan semua itu yaitu menyangkut persoalan integritas, moralitas mesti menjadi utama dan terutama.

Berwawasan luas serta berpengalaman dalam berbagai bidang kehidupan sosial ekonomi kemasyarakatan sehingga dengan demikian ketika berbicara mengenai kapasitas, integritas maupun moralitas yang ada dan dimiliki setiap bakal calon walikota tak akan memunculkan keraguan masyarakat buat calon pemimpin kota manado lima tahun kedepan dalam membawa kota ini menjadi semakin maju jika dibandingkan dengan kondisi saat ini,” tandas Nelson Sasauw, pemerhati politik.

Sementara menurut Nelson Sasauw walikota manado periode 2021-2026 pada hakekatnya, walikota pilihan rakyat bukan cuma pilihan keluarga, sobat dan atau kenalan sehingga dengan demikian siapa pun walikota manado terpilih nanti adalah milik bersama warga kota ini bukan milik pribadi, keluarga, kelompok atau masyarakat tertentu. Selanjutnya orang nomor satu kota yang dulunya disebut kota Tinutuan, sebaiknya menjauhkan diri dari sikap ekslusif melainkan lebih pada sikap yang mau terbuka kepada khalayak.

Bersedia mendengar dan mau menerima setiap keluh-kesah warga, selalu hadir ditengah-tengah masyarakat sehingga, berbagai persoalan yang muncul dan tengah membelit warga dapat terantisipasi, tertanggulangi dan tertangani dengan baik. Sementara sang walikota terpilih nanti mampu dan mau membangun hubungan komukasi dan bertekad membina kebersamaan dengan segenap lapisan masyarakat kota manado didalam membangun kota kearah yang lebih baik,” tandas-Nya. (johny lalonsang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *