Wadan Kodiklatal Buka Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1440 H/2019 M

(SINARRAYANEWS.COM) Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Wadan Kodiklatal) Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M mewakili Komandan Kodiklatal secara resmi membuka acara peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1440 H/2019 M yang diikuti Prajurit antap, perwakilan prajurit siswa, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Kodiklatal.

Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1440 H/2019 M yang dilaksanakan di Masjid Ibadurahman Kesatrian Bumimoro Kodiklatal tersebut juga dihadiri Pejabat Utama Kodiklatal diantaranya para Direktur Kodiklatal, Para Komandan Puslat dan Pusdik, para Komandan Sekolah serta perwakilan pengurus PG Jalasenastri Kodiklatal.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto dalam sambutan yang dibacakan Wadan Kodiklatal Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M, menyampaikan bahwa peringatan Isra mi’raj yang di selenggarakan secara sederhana ini, diharapkan sebagai wadah kegiatan syiar agama yang dapat mengingatkan kita pada jati diri sebagai manusia yang perlu keseimbangan antara kebutuhan duniawi dan rohani dalam mengarungi hidup menuju Mardhatillah (kehidupan yang diridhai Allah Subhanahu Wata’ala).

Banyak hikmah dan kisah, diceritakan oleh Nabi Muhammad Sholallohu Alaihi Wasallam selama perjalanan Isra Mi’raj dari Masjidil Haram Di Mekkah ke Masjidil Aqsha di Baitul Maqdis Palestina, kemudian terus naik ke langit sampai ke Sidratul Muntaha dan kembali lagi ke Mekkah, yang seluruhnya di tempuh dalam waktu hanya sepertiga malam.

Hasil terpenting dari perjalanan tersebut yang dapat dijadikan sebagai pelajaran bagi umatnya adalah perintah menunaikan shalat lima waktu sehari semalam. Perintah kewajiban Shalat secara khusus disampaikan langsung oleh Allah Subhanahu Wata’ala kepada Nabi Muhammad Sholallohu Alaihi Wasallam melalui proses mi’raj tanpa melalui malaikat Jibril Alaihis Salam.

Ini menandakan bahwa ibadah shalat mempunyai kedudukan yang sangat tinggi, karena merupakan kunci semua ibadah yang didalamnya mengandung nilai-nilai hikmah dan rahasia keutamaan yang sangat dalam. Shalat mampu mendidik manusia untuk membersihkan diri dari bibit-bibit kejahatan dan sifat-sifat tercela yang merusak kepribadiannya, karena dengan melaksana-kan shalat kita akan selalu mengingat allah subhanahu wata’ala.

Uraian lebih luas tentang hikmah peringatan Isra Mi’raj, disampaikan oleh Ustaz Dr. H. Ahmad Muzakky Al Hafidz dengan tema, “Dengan Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad Sholallohu Alaihi Wasallam 1440 H/2019 M Kita Implementasikan Nilai-Nilai Shalat Dalam Kehidupan Prajurit dan PNS TNI Dalam Rangka Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.(, redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *