Dankodiklatal : Latopsduk sangat efektif untuk Tingkatkan kemampuan perwira

(SINARRAYANEWS.COM) Direktur Pendidikan dan Latihan (Dirdiklat) Laksma TNI Deni Septiana mewakili Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Dedy Yulianto secara resmi menutup Latihan Operasi Dukungan (Latopsduk) TNI AL Tahun 2019 di Gedung Joint Operasional Plan Ruler (JOPR) Pusat Latihan Elektronika Kendali Senjata (Puslatlekdasen) kesatrian Bumimoro Kodiklatal.

Latihan yang berlangsung sejak tanggal 21 Maret 2019 tersebut diikuti 205 peserta dengan rincian 53 orang pelaku, 4 orang penilai, 11 orang tim evaluasi, 2 orang peninjau 69 orang staf latihan dan 69 orang pendukung. Adapun 53 orang pelaku tersebut terbagi dalam empat Satgas Dukungan antara lain Satgasduk Informasi, Satgasduk Kesehatan, Satgasduk Teitorial dan Satgasduk Pasus.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Dirdiklat, Komandan Kodiklatal mengatakan bahwa Latopsduk merupakan latihan yang sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan perwira agar cakap dan terampil dalam melaksanakan perencanaan operasi dukungan intelijen, operasi dukungan kesehatan, operasi dukungan psikologi dan operasi dukungan angkutan laut dalam rangka mendukung operasi TNI AL dan Operasi Gabungan TNI.

Latihan operasi dukungan Tahun 2019 yang akan dilaksanakan selama 8 hari nanti, merupakan wujud dari pembinaan kemampuan yang dilaksanakan oleh jajaran Kodiklatal untuk membekali dan mempersiapkan prajurit TNI Angkatan Laut agar ke depan mampu melaksanakan tugas-tugas operasi dukungan dalam rangka operasi gabungan TNI.

Keberhasilan latihan ini, lanjutnya, bukan hanya ditentukan oleh hasil dari produk latihan, namun kesungguhan dan semangat peserta latihan menjadi faktor yang paling penting, karena akan memberikan output positif terutama pada implementasi operasi yang sesungguhnya.

“Sebagai direktur latihan, saya merasa bangga sekaligus bersyukur karena latihan ini dapat terlaksana sesuai rencana, terutama karena peserta latihan mampu mengikuti dengan sungguh-sungguh sesuai arahan yang diberikan,” ujarnya.

Komandan Kodiklatal berharap, semua temuan pada saat latihan dapat dievaluasi dan dijadikan kepada pimpinan TNI AL untuk kesempurnaan latihan selanjutnya.

Hadir dalam upacara penutupan tersebu, para perwira dari Kodiklatal, AAL, Koarmada II, Kodikopsla, Lantamal V, Dispsial, dan Rumkital Dr Ramelan Surabaya.(redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *