Umi : Dana Baznas Bantu Pemkab Tanggulangi Kemiskinan

Slawi – sinarrayanews.com Bupati Tegal, Umi Azizah menyadari dengan adanya Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Pemkab Tegal dapat bergerak dengan lincah dan melakukan respon cepat dalam menanggulangi kemiskinan. Hal ini dibuktikan dalam waktu setahun terakhir, angka kemiskinan di Kabupaten Tegal turun dua digit, dan masuk 10 besar terendah di Jawa Tengah.

Hal tersebut disampaikan Umi, saat melantik Pimpinan Baznas Kabupaten Tegal periode 2019-20124 di Ruang Rapat Bupati, Senin (15/4) pagi.

Menurut Umi, Baznas yang memiliki tugas dan fungsi dalam menghimpun dan menyalurkan zakat, infak serta sedekah ini harus memiliki kepercayaan dan kemudahan. Untuk itu, Umi menitip pesan kepada pimpinan Baznas yang baru, supaya dapat menempatkan unsur tersebut dalam visi pelayanannya. Agar menjadi lembaga terdepan dalam membantu Pemkab Tegal mengentaskan kemiskinan.

“Bawa kepercayaan atau trust menjadi pondasi utama Baznas dalam mengelola dana publik. Sampaikan kepada publik bagaimana pendistribusian, pastikan semuanya sudah sesuai dengan syariat zakat yang berlaku,” kata Umi.

Dalam mengalokasikan dana bantuan, Umi juga bekerjasama dengan Bagian Kesra Setda Pemkab Tegal serta Dinas Sosial melalui Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) untuk melakukan pendataan terhadap warga penerima bantuan. Agar bantuan tidak salah sasaran dan tidak disalahgunakan.

Tak lupa, Umi menitip pesan kepada pimpinan Baznas yang baru saja dilantik untuk terus berinovasi dan memperluas jaringan. Seperti mengkampanyekan penggalangan dana melalui media online , terutama untuk kasus-kasus tertentu yang membutuhkan pertolongan segera, lengkap dengan data dan informasi para muztahid.

Ditempat yang sama, Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah, Ahmad Daroji menekankan pimpinan Baznas Kabupaten Tegal untuk selalu rutin mengecek dan mengetahui permasalahan yang ada di sekitar. Begitupun dalam hal pelaporan, setiap mengalokasikan dana ataupun itu harus adanya laporan yang jelas. Supaya alur pelaporan bisa sampai ke Baznas pusat.

“Pengurus Baznas harus mampu mengelola dan memanajemen dengan baik sumber-sumber serta pengalokasian dana Baznas,” tegasnya.

Adapun pimpinan yang dilantik, antara lain Akhmad Rifiqi sebagai Ketua, Nurrotib sebagai Wakil Ketua I, Nurul Huda sebagai Wakil Ketua II, Fathin Hammam sebagai Wakil Ketua III serta Syafiq Zuhri sebagai Wakil Ketua IV.(Fauzi SR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *