Distribusi Surat Suara Dan Pemusnahan Surat Suara Rusak Di KPU Kulon Progo

Kulon Progo : sinarrayanews.com Senin (15/04/19) pukul 07.30-08.20 WIB, di Gudang KPU Kabupaten Kulon Progo (Eks Bioskop Mandala Wates Kulon Progo) Jalan Diponegoro Wates Kulon Progo, telah berlangsung Pemusnahan Surat Suara dilanjutkan dengan Pelepasan Distribusi Logistik Pemilu 2019.
Tampak hadir dalam kegiatan tersebut antara lain dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.O.G (K) (Bupati Kulon Progo), Hamdan Kurniawan, MA (Ketua KPU DIY), Ir. Astungkoro, M.Hum (Sekda Kab. Kulon Progo), Ibah Muthiah, SH., M.Si (Ketua KPU), Widi Purnama, S.IP., M.Si (Sekretaris KPU). Tri Mulatsih, S.Pd., MA (Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU), Hidayatut Thoyyibah, S.Ag (Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU), Yayan Mulyana, M.Si (Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU), Muryono Puja Rasa Satuhu, S.Pd (Divisi Hukum dan Pengawasan KPU), Kompol Dedi Suryadharma, SH., SIK., MM (Waka Polres Kulon Progo), Lettu Inf Khabib Al Amin (Pasi Intel Kodim 0731/Kulon Progo), Sulistiono, SE (Yon Brimob Sentolo), Kunto, SH (Kejari), Panggih Widodo, S.Si (Koor Div Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Sengketa), Budi Hartono, S.Si., M.Si (Ka Kesbangpol), Drs. Nur Wahyudi, MM (Kabag Administrasi Pemerintahan Sekda Kab. Kulon Progo), Drs. Sumiran (Ka Sat Pol PP Kulon Progo).
Ibah Muthiah, SH., M.Si selaku Ketua KPU Kulon Progo menjelaskan antara lain :
Hari ini kita bersama kumpul disini dalam rangka penghapusan suara suara rusak dan sisa hasil dari sortir yang telah dilakukan. Insyaallah kita akan pantau TPS yang ada pemilih DPTb nya, seperti TPS di Wates dan Pengasih, ada beberapa hal yang perlu kita amati bersama karena KPU RI tidak menfasilitasi untuk pemilih tambahan.
“Apabila ada surat suara yang masuk di dapil lain khususnya di Kulon Progo apabila dicoblos maka tetap sah dan masuk dalam hitungan parpol” jelas Ketua KPU Kulon Progo.
Di tempat yang sama Hamdan Kurniawan MA selaku Ketua KPU DIY, juga memberi keterangan. Hari ini KPU Kulon Progo akan melakukan distribusi logistik sekaligus pemusnahan surat suara rusak dan sisa setelah semua di packing untuk seluruh wilayah Kulon Progo. Untuk di Propinsi DIY proses pendistribusian surat suara sudah berjalan, Gunung Kidul sejak tanggal 12 April, Sleman tanggal 13 April, Bantul tanggal14 April dan hari ini Kulon Progo dan Kota Yogyakarta tanggal 15.
“Semua itu bergantung pada kondisi daerah dan kita serahkan kepada KPU Kab/ Kota dan Kulon Progo dan Kota hari ini dengan pertimbangan waktu 1 hari sudah cukup karena tidak terlalu besar,dan di PPS juga tidak terlalu lama menunggu surat suara. Insyallah kalau kita melihat perjalanan pemilu dari kemarin alhamdulilah di DIY cukup kondusif dan kita bersyukur semua berjalan lancar,dan hari ini kita fokus kepada distribusi.” terang Ketua KPU DIY.
Selain itu pada hari ini juga dilakukan pemusnahan surat suara yang merupakan bagian pertanggungjawaban, karena surat suara dikirim dari pencetaknya itu jumlahnya jelas kemudian ketika rusak dilaporkan jumlahnya juga jelas, maka yang rusak dan sisa supaya tidak disalahgunakan akan dilakukan pemusnahan.
Pada kesempatan yang sama dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.O.G (K) Bupati Kulon Progo, memberikan sambutan : Hari ini merupakan kegiatan tahapan penghacuran surat suara dan pelepasan logistik yang merupakan kegiatan tahapan final.
Kita ketahui bersama bahwa 2 hari lagi yaitu pada tanggal 17 April kita laksanakan pesta demokrasi, untuk menyambut sejarah bangsa ini kita harus menyiapkan diri baik fisik non fisik dengan melengkapi sarana dan prasarana Pemilu 2019 termasuk surat suara, saya berikan apresiasi tinggi kepada KPU dan jajarannya yang sudah bekerja keras sehingga tahapan bisa dilakukan dengan baik, karena ini merupakan pemilihan beda dari sebelumnya sehingga perlu perhatian bersama, sistem sudah beda dan yang dipilih juga beda, kita memberikan fokus kepada masyarakat karena masyarakat belum tahu siapa yang dipilih karena mereka belum fokus legislatif hanya fokus pemilihan presiden. “Di Kulon Progo tingkat partisipasinya bagus, kita apresiasi kepada KPU dan semoga kedepan tidak ada money politik, mari kita bersama meluruskan demokrasi ini dengan sabaik-baiknya. Konflik pasca pemilu menjadi perhatian kita bersama dan semoga Kulon Progo kondusif dan pemilu dapat berjalan dengan lancar.” Kata Bupati Kulon Progo.
Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pemusnahan Surat Suara dan Pemusnahan Surat Suara. Adapun jumlah surat suara yang dihancurkan sebagai berikut :
– Surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden berjumlah 878 lembar.
– Surat suara pemilihan DPR RI 554 lembar.
– Surat suara pemilihan DPD berjumlah 1485 lembar.
– Surat suara pemilihan DPRD provinsi berjumlah 1126 lembar.
– Surat suara pemilihan DPRD kabupaten 1205 lembar.

Dalam pendistribusian logistik KPU Kulon Progo pada H- 2 ini menggunakan 9 truk. (sinarrayanews.com).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *