Penyuluhan P4GN Kodim 0731/Kulon Progo

Penyuluhan P4GN Kodim 0731/Kulon Progo

Kulon Progo. sinarrayanews.com Senin, 18 Maret 2019, pukul 08.00 WIB, bertempat di Aula Makodim 0731/Kulon Progo, dilaksanakan Penyuluhan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan , Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba), bagi Prajurit, PNS dan Pengurus Persit KCK Cabang XXXII, Kodim 0731/Kulon Progo, dengan narasumber dr. Dian Indah Fitarini dari PPK 1 Kodim 0731/Kulon Progo.

Penyuluhan dipimpin oleh Mayor Inf Suwarno (Kasdim 0731/Kulon Progo). Dalam sambutannya Kasdim menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dari Staf Intel dengan tujuannya untuk mengingatkan kepada seluruh anggota agar tidak terjerumus dalam narkoba. Saat ini hampir 50 orang didunia meninggal karena narkoba setiap harinya, sehingga dalam setahun tentunya sangat banyak jumlahnya. Narkoba khususnya bagi negara kita merupakan musuh yang besar bagi integritas bangsa karena narkoba tidak mengenal keluarga, teman, pejabat. Semua orang bisa saja menjadi korban, tidak mengenal status sosial, sehingga kita sebagai anggota selalu diingatkan. Untuk meyakinkan tidak ada anggota yang memakai narkoba akan dilakukan cek urin. Kita berharap dilingkungan kita khususnya Kodim0731/Kulon Progo tidak ada yang memakai/pengedar narkoba.

Penyuluhan P4GN oleh dr. Dian Indah Fitarini antara lain disampaikan bahwa Narkoba adalah segala zat yang mempengaruhi susunan syaraf pusat manusia yang mengakibatkan kelainan pada pikiran, perasaan dan kehendak. Contoh narkotika antara lain candu, morfem, kokain, ganja, krokodil, Lysergite Acit Diedthy Lamide, Molly, Extasi, dan lain-lain. Dikalangan anak-anak juga ditemukan penyalahgunaan narkoba dengan menggunakan lem dan bensin yang dihirup sehingga baunya akan menimbulkan rasa sensasi bagi yang menghirupnya. Cara pencegahan agar tidak terjerumus dalam narkoba antara lain dengan hidup sehat dengan pola makan seimbang, olah raga yang cukup dan berfikir positif.

Selesai penyuluha selanjutnya dilakukan pengambilan sempel cek urin dari anggota sebanyak limapuluh orang. Dari hasil tes urine semua dinyatakan negatif atau tidak ada anggota Kodim 0731/Kulon Progo yang memakai Narkoba. Rangkaian kegiatan penyuluhan berlangsung dengan tertib, lancar dan aman. (sinarrayanews.com).

error: Content is protected !!