Rusia Ke Indonesia : Kami Tidak Bertanggung Jawab Apabila TNI AU Servis Su 27 Ke Ukraina!

BMDIsinarrayanews.com

Kabar mengejutkan datang dari Defense World (14/3/2019) Rusia nampaknya telah memberi peringatan keras kepada TNI AU tentang rencana perbaikan armada jet tempur Su 27/30 yang akan diperbaiki di Ukraina. Menurut sebuah Dokumen yang ditandatangani oleh Deputi Layanan Federal Petukhov yang menyatakan “ Rusia tidak bertanggung jawab atas pengoperasian pesawat yang telah menjalani perbaikan dari Ukraina”

Namun kabar miring yang dihembuskan oleh Rusia terhadap kemampuan Industri pertahanan Ukraina dibantah oleh Pavlo Bulkin Dirjen Ukroboronprom “Ukraina adalah salah satu pemain utama dalam bidang perawatan dan modernisasi pesawat tempur, fasilitas di Lutsk Repair Plant saat ini sedang melaksanakan kontrak dengan Indonesia untuk perbaikan mesin AL 31 Sukhoi 27 AU Indonesia”

Lebih lanjut Bulkin mengatakan saat ini Ukraina memiliki sumber daya dan kemampuan untuk memperbaiki dan melakukan program peningkatan kemampuan berbagai macam jet tempur dan helikopter buatan Rusia seperti Sukhoi, Mikoyan Gurevich (MiG), Ilyushin dan Mil.

Sebagai informasi kemampuan Ukraina untuk memperbaiki dan modernisasi alutsista Rusia tersebut tak lepas dari sejarah kedua negara yang dahulu pernah menjadi satu dalam payung Uni Soviet. Saat itu Uni Soviet mengambil kebijakan untuk memencarkan industri pertahanannya ke Ukraina dan Belarusia, ketika Uni Soviet runtuh kedua negara tersebut (Ukraina dan Belarusia) selain Rusia memiliki kemampuan untuk memperbaiki pesawat buatan eks Soviet.

Namun konflik Rusia-Ukraina yang terjadi baru-baru ini membuat kedua negara bersitegang dan saling melakukan embargo militer. Ada kemungkinan tekanan Rusia terhadap Indonesia ini adalah bagian dari perang dagang antara Rusia dan Ukraina.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *