PERTEMUAN KOORDINASI MALARIA CENTER KAB. BOVEN DIGOEL

PERTEMUAN KOORDINASI MALARIA CENTER KAB. BOVEN DIGOEL

SINARRAYANEWS.COM Pertemuan koordinasi Malaria Center Kab. Boven Digoel dilaksanakan di Hotel Honey Jln. Trans Papua depan Kantor Bupati Kab. Boven Digoel yang diselenggarakan oleh Kadis Kesehatan Boven Digoel H. Sahib, S.K.M. bekerja sama dengan Unicef. Selasa,12 Maret 2019.

Dalam sambutannya Bupati Kab. Boven Digoel Benidiktus Tambonop, S.TP mengatakan sesuai Keputusan Gubernur Papua No 44 tahun 2019 bahwa wabah penyakit malaria yang semakin meluas didaerah Papua kiranya dapat segera diantisipasi serta ditanggulangi secara terkoordinir dan terpadu dalam bentuk usaha – usaha yang terintegrasi dengan melibatkan Pemerintah, Swasta dan Masyarakat.

Sebelum kegiatan selesai, Kadis Kesehatan H. Sahib, S.K.M menyampaikan pada tahun 1959 Presiden RI pertama Soekarno melaksanakan penyemprotan DDT di Yokyakarta, sampai sekarang kegiatan tersebut masih dilaksanakan sehingga habitat perkembangbiakan nyamuk Anopheles perlu diantisapasi pada tempat- tempat rawan seperti tambak terbengkalai, kolam, rawa- rawa, parit, sungai, saluran irigasi serta Bak air.

Perlu diketahui bahwa siklus perkembangbiakan nyamuk Anopheles hanya butuh waktu 10 s.d 12 hari karena telur nyamuk Anopheles bertelur dalam 2 hari menghasilkan telur 100 s.d 300 telur kemudian menjadi Larva/jentik pada hari ke 6 sampai hari ke 8, pada hari ke 9 dengan hari ke 10 menjadi nyamuk dewasa, nyamuk Anopheles tersebut hanya menggit pada malam hari baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Kab. Boven Digoel, Wakil Bupati Kab. Boven Digoel, Dandim 1711/BVD yang diwakili oleh Wadanramil 1811-03/TMR Lettu Inf Zabir, Kapolres Boven Digoel diwakili oleh AKP Hutapean, Direktur RSUD Kab. Boven Digoel, Kepala Distrikk Mandobo serta tamu undangan(redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *