KPK Amankan Sejumlah Uang dalam OTT Ketua Umum PPP

SURABAYAsinarrayanews.com

Ketua Umum PPP Romahurmuziy ditangkap KPK, Jumat (15/3/2019).

KPK yang dikonfirmasi oleh awak media dari Surabaya, mengaku bahwa mereka memang telah melakukan penindakan di Jawa Timur, Jumat (15/3/2019).

KPK menyebut bahwa yang diamankan beberapa pihak dari beberapa instansi.
“Memang benar, ada kegiatan dari tim Penindakan KPK di Jawa Timur pagi tadi. Hal ini karena sebelumnya KPK sudah mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa akan terjadi transaksi yang melibatkan Penyelenggara Negara,” kata Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan kepada sinarrayanews. com ketika dikonfirmasi dari Surabaya, Jumat (15/3/2019).

“Berdasarkan pelaksanaan tugas dan kewenangan KPK, kami harus menindaklanjuti hal tersebut,” tuturnya.

Basaria menjelaskan bahwa pada informasi awal yang bisa disampaikan, telah diamankan lima orang dari berbagai unsur. Di antaranya, unsur Penyelenggara Negara di DPR-RI, pejabat dari kementerian agama di daerah, dan swasta.

“Kami (KPK) juga mengamankan sejumlah uang yang telah diduga terkait dengan pengisian jabatan di Kementerian Agama. Hal ini kami duga sudah terjadi beberapa kali sebelumnya,” tegasnya.

“Saat ini tim KPK sedang melakukan klarifikasi intensif terhadap pihak yang telah diamankan tersebut. Semua permintaan keterangan dilakukan di Polda Jatim. Untuk Informasi lebih lengkap akan kami sampaikan pada konferensi pers,” katanya.

Basaria juga menjelaskan bahwa sesuai dengan aturan yang ada di KUHAP, maka ada jeda waktu maksimal 24 jam bagi KPK sebelum menentukan status hukum perkara ini dan juga orang-orang yang diamankan. “Namun sampai saat ini kami masih belum bisa menyebutkan siapa saja pihak yang diamankan tersebut,” ungkapnya.

“Kami pastikan ada tim KPK yang bertugas di Jatim terkait hal tersebut. Mereka yang diamankan di Polda Jatim akan dibawa malam ini juga ke kantor KPK sesuai kebutuhan untuk penanganan perkara,” katanya.

Basaria, kami juga menyampaikan terimakasih kepada pihak Polda Jatim yang telah memfasilitasi dan membantu tim yang sedang bertugas.

Dan untuk diketahui, bahwa KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Ketua Umum PPP, M Romahurmuziy di Surabaya, Jumat (15/3/2019) pagi. Jumat sore, pria yang panggilan akrabnya disapa Romi ini telah dibawa ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan secara intensif di KPK. (sinarrayanews.com/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *