TMMD ke 104 Kodim Dompu Gelar Sosialisasi Rekrutmen Prajurit TNI AD dan Penyuluhan Kesehatan

TMMD ke 104 Kodim Dompu Gelar Sosialisasi Rekrutmen Prajurit TNI AD dan Penyuluhan Kesehatan

Pendam IX/Udayana
Kamis, 14 Maret 2019

Dompu – sinarrayanewe.com Selain program fisik, Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke 104 tahun 2019 Kodim 1614/Dompu juga menggelar program non fisik rekrutmen Prajurit TNI AD dan Penyuluhan Kesehatan di SMAN 1 Manggelewa, Rabu (13/3).

Pada kesempatan tersebut, Pasiter Kodim 1614/Dompu Kapten Inf Safii menjelaskan penerimaan Prajurit TNI AD setiap tahun sebanyak lima kali dengan jenis yang berbeda, yakni Akademi Militer (Akmil), Sekolah Perwira Prajurit Karier (Sepa PK), Sekolah Calon Bintara Prajurit Karier (Secaba PK) dan Sekolah Calon Tamtama Prajurit Karier (Secata PK), khusus untuk Secata PK dilaksanakan sebanyak 2 kali setiap tahun.

“Untuk persyaratan masuk menjadi Prajurit TNI AD antara lain WNI, SKCK dari Kepolisian, KTP, STTB, KK dan seleksi kesehatan, jasmani dan postur, Psikologi, Mental Ideologi dan Pantauan Akhir (Pantuhir),” ungkapnya.

Ditegaskannya, dalam seleksi penerimaan calon Prajurit TNI AD semua jenis pendaftaran maupun saat pendidikan tidak ada dipungut biaya, apabila ada oknum yang meminta sejumlah uang agar dilaporkan kepada satuan terdekat.

Sementara itu, penyuluhan kesehatan yang diberikan oleh dr. Nian Etikana Sri Harianti Nanul dari Puskesmas Manggelewa diikuti secara antusias juga oleh ratusan siswa-siswi karena kaitannya dengan bahaya Narkotika, Psikotropika dan zat adiktif lainnya.

Dalam penjelasaanya, dr. Nian menyampaikan beberapa jenis tentang Narkoba, efek penggunaannya, bahaya dan dampak sosialnya bagi para pengguna Narkoba. Selain itu, dr. Nian juga menyampaikan tentang bahaya minuman keras yang banyak mengandung alkohol yang dapat merusak kesehatan.

“Jadi tidak pada saat mau mencalokan diri sebagai anggota TNI Polri saja kita harus sehat, namun setiap waktu harus tetap sehat tentunya dengan menjaga pola hidup sehat, salah satunya menjauhi alkohol dan Narkoba,” terangnya.

Adapun akibat dari Narkoba akan memberikan efek ketergantungan bagi pengguna dan secara fisik akan terjadi perubahan drastis pada tubuh termasuk perubahan prilaku dalam kehidupan sosial.

“Saya mengajak kepada adik-adik untuk menjaga kesehatan dengan tidak mencoba-coba Narkoba maupun alkohol termasuk rokok,” tutup Dokter kelahiran Sukabumi tersebut.

Kepala Sekolah SMAN 1 Manggelewa Agus Dedi Suhardiman, S.Pd., dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Satgas TMMD atas penyelenggaraan sosialisasi Rekrutmen Prajurit TNI AD dan Penyuluhan Kesehatan di sekolahnya.

“Mewakili Sekolah SMAN 1 Manggelewa dan dari pribadi saya mengucapkan banyak terimakasih atas apa yang telah Satgas TMMD berikan, saya berharap agar siswa-siswi memperhatikan dan memahami apa yang telah dijelaskan oleh pemateri, jika ada yang belum jelas dan dimengerti agar ditanyakan,” tegasnya. (Kodim 1614/redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *