Babinsa Latih PBB Siswa SD Guna Persiapan Pesta Siaga

Babinsa Latih PBB Siswa SD Guna Persiapan Pesta Siaga

sinarrayanews.com Anggota Poskoramil Kalibawang Serma M. Irfan melatih PBB siswa SD N 1 Kalialang dalam rangka program Pesta Siaga 2019 Kwarran Kec. Kalibawang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Kalialang Kec. Kalibawang. (13/03)

Latihan PBB ini dalam rangka lomba persiapan pesta siaga. Pesta siaga merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan di kwaran-kwaran ada yang setiap tahun, ada juga yang setiap dua tahun sekali. Tergantung pada kebijakan kwaran masing-masing.

Disela-sela kegiatan Serma M. Irfan menyampaikan, kegiatan yang dilakukannya guna mempersiapkan lomba pramuka dalam pesta siaga tingkat kecamatan. Pada pertemuan pertama dilakukan perkenalan dengan anak-anak tim pramuka dan sedikit berbincang mengenai apa saja yang sudah mereka ketahui mengenai PBB.

“Keterlibatan TNI dalam melatih materi PBB bertujuan untuk memberikan motifasi kepada siswa agar lebih giat dalam berlatih, dan juga sebagai bekal dalam menuntut ilmu serta menanamkan jiwa nasionalisme kepada anak sejak dini,” ungkapnya.

Menurutnya, kehadiran TNI di sekolah juga bukan hanya sekedar sebagai pelatih namun juga sebagai teman bagi anak-anak, untuk terjalinnya komunikasi dan kemanunggalan TNI dan rakyat di semua lapisan.

Mengenai pengenalan PBB kepada siswa-siswi menurut Serma M. Irfan agar siswa paham dan mengerti tentang aturan baris berbaris karena kedepan diharapkan para siswa jika ditunjuk mengikuti even even upacara maupun devile sudah paham dan bisa melaksanakannya, terutama bagi siswa yang akan mengikuti lomba.

Pemberian latihan baris berbaris yang dilakukan tersebut dengan harapan para pramuka SD N 1 Kalialang memiliki sikap dan disiplin yang baik saat pesta siaga serta nantinya dapat dijadikan contoh yang baik bagi yang lainnya.

Ia menambahkan kegiatan PBB juga sebagai upaya melatih kedisiplinan serta dalam rangka pembinaan generasi muda untuk meningkatkan kesadaran Bela Negara. PBB juga bisa untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan dan pengalaman agar bisa hidup disiplin dalam segala hal sehingga dapat dijadikan bekal bagi kehidupan di masyarakat, Bangsa dan Negara.

“Disamping itu juga untuk memberikan pelatihan mental dan fisik kepada siswa-siswi. Pelatihan mental dan fisik berupa kegiatan baris-berbaris ini juga untuk melatih kedisiplinan, selain itu agar anak semakin baik dan kuat,” pungkasnya.

Menurut Kepala SD N 1 Kalialang, selama ini TNI merupakan figur yang terkenal kedisiplinannya oleh karenanya diharapkan nantinya dengan melihat figur dari TNI bisa terinspirasi. “Pihak sekolah mengucapkan terimakasih kepada Babinsa yang sudah mau melatih materi-materi persiapan pesta siaga salah satunya yaitu materi PBB. Harapanya SD N 1 Kalialang bisa mengikuti lomba dengan lancar dan bisa menampilkan yang terbaik,” ujar Kepsek.(redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *