Citra Satelit Tunjukkan Korut Membangun Kembali Situs Rudal

BMDIsinarrayanews.com

Sebuah citra satelit menunjukkan bahwa Korea Utara (Korut) membangun kembali sebagian dari situs peluncuran rudal yang sudah dibongkar. Padahal, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dalam pertemuan puncak di Singapura tahun lalu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berjanji untuk membongkarnya.(Rabu 6 Maret 2019)

38 North, kelompok pemantau Korea Utara yang berbasis di Washington, mengatakan gambar satelit menunjukkan struktur pada landasan peluncuran rudal di situs peluncuran Tongchang-ri atau Sohae telah dibangun kembali antara 16 Februari dan 2 Maret.

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap, mengatakan bahwa Badan Intelijen Nasional (NIS) Korea Selatan memberi pengarahan kepada anggota parlemen bahwa pekerjaan oleh rezim Kim Jong-un itu sedang berlangsung dan melibatkan penggantian atap dan pintu di fasilitas tersebut.

Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS) juga menyimpulkan bahwa Korea Utara mengejar pembangunan kembali situs itu dengan cepat.

“Aktivitas terbukti di stan uji engine vertikal dan struktur transfer roket yang dipasang di rel peluncuran,” bunyi laporan CSIS, dikutip Voice of America, Rabu (6/3/2019).

Setelah pertemuan puncak pertamanya dengan Kim Jong-un di Singapura tahun lalu, Presiden Trump mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers bahwa pemimpin Korea Utara itu berjanji akan menghancurkan situs pengujian mesin rudal utama.

Presiden tidak mengidentifikasi situs yang dimaksud pada saat itu, tetapi Reuters kemudian diinformasikan oleh pejabat AS bahwa fasilitas yang dimaksud berlokasi di Tongchang.(sinarrayanews.com)

Back to top button
Close
Close