Babinsa Koramil 1404-01/Suppa Sertu Mahmud bersama masyarakat Desa Lotang Salo, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang

(SINARRAYANEWS.COM)

Untuk mengatasi luapan dan genangan air sampai ke jalan, Babinsa Koramil 1404-01/Suppa Sertu Mahmud bersama masyarakat Desa Lotang Salo, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang melaksanakan Kerja Bakti dengan sasaran pembersihan saluran air tepi jalan sepanjang 250 meter, Senin (31/12/2018).

Kerja bakti tersebut digagas oleh Babinsa Desa Watang Salo Sertu Mahmud karena saat terjadi hujan saluran air atau selokan di Desa Lotang Salo kurang berfungsi dengan baik karena terjadi pendangkalan dan banyak rumput liar yang tumbuh di selokan, sehingga pada saat hujan air meluber dan menggenangi pekarangan warga, yang akibatnya bisa mengganggu kesehatan lingkungan.

Babinsa Sertu Mahmud menyampaikan bahwa sudah menjadi tugas Babinsa sebagai anggota TNI yang bertugas di wilayah untuk selalu siap membantu dan berperan aktif dalam membantu masyarakat di wilayah binaannya.

“Kegiatan kerja bakti pembersihan lingkungan dan saluran air sangat penting untuk dilaksanakan secara rutin agar pada saar hujan tidak sampai terjadi genangan air yang naik menutup jalan dan pekarangan warga, sehingga kesehatan lingkunganpun juga terjaga dan semoga dengan keikutsertaan kami sebagai Babinsa dalam kegiatan ini dapat terjalin silaturahmi dan komunikasi yang lebih erat sehingga dapat memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” Ujar Sertu Mahmud.

Ditempat terpisah Danramil 1404-1/Suppa Kapten Inf Kaharuddin membenarkan adanya kegiatan anggotanya tersebut, bahkan seluruh Babinsa jajarannya telah diinstruksikan untuk memonitor wilayahnya terutama daerah-daerah rawan bencana banjir dan lain-lain untuk menghadapi dan mengantisipasi perubahan musim yang cukup ekstrim seperti sekarang ini.

“Selaku Danramil sejak beberapa minggu yang lalu saya telah menekankan kepada anggota untuk bersama-sama masyarakat meningkatkan kesiapsiagaannya dan waspada terhadap perubahan cuaca ekstrim akhir-akhir ini serta selalu menjaga kebersihan lingkungan, salah satunya saluran air di wilayah harus dibersihkan agar tidak terjadi banjir saat musin hujan” Pungkas Kapten Kaharuddin

Upaya-upaya seperti yang dilakukan oleh Babinsa Desa Lotang Salo bersama masyarakat tersebut patut diapresiasi, karena hal itu merupakan bagian dari langkah mitigasi atau pencegahan. Tidak hanya berdampak pada fisik bangunan atau manusia, namun menghindarkan diri dari dampak kerusakan lingkungan juga merupakan upaya antisipasi yang harus selalu diperhatikan.

Admin SR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kerja Keras Babinsa dan Bhabinkamtibmas Ujung Pandan Dalam Meredam Pertengkaran Warga Membuahkan Hasil

Sen Des 31 , 2018
(SINARRAYANEWS.COM) Untuk mengatasi luapan dan genangan air sampai ke jalan, Babinsa Koramil 1404-01/Suppa Sertu Mahmud bersama masyarakat Desa Lotang Salo, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang melaksanakan Kerja Bakti dengan sasaran pembersihan saluran air tepi jalan sepanjang 250 meter, Senin (31/12/2018). Kerja bakti tersebut digagas oleh Babinsa Desa Watang Salo Sertu Mahmud […]