Babinsa Koramil 20 Cawas bersama Kepala Desa Ikuti giat pelatihan Karakter Parenting yang benar

*Babinsa Koramil 20 Cawas bersama Kepala Desa Ikuti giat pelatihan Karakter Parenting yang benar*

SINARRAYANEWS.COM

Klaten – Babinsa Koramil 20 Cawas Kodim 0723 Klaten mengikuti kegiatan pendidikan Karekter yang benar dalam orang tua mengasuh anak, ada 3 Desa di wilayah Kecamatan Cawas yang mengadakan giat tersebut antara lain Desa Mlese, Desa Baran dan Desa Bawak Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten.
Minggu ( 11/11/2018)

Parenting adalah cara orang tua mendidik anak, memberikan makanan yang baik, memberikan petunjuk atas kesalahan yang dilakukan dan bagaimana orang tua melindungi anak dalam proses tumbuh kembangnya.

Dikatakan dari nara sumber sekaligus Psikolog Bpk Eri Prasetya, SH, M, Psi dari Yogyakarta bahwa ada 4 Pola asuh anak yang benar diantaranya kita sebagai orang tua harus pertama menjadilah sahabat atau teman untuk anak, perhatikan ketika anak berubah. Kedua jadilah motivator atau Spirit, gunakan bahasa yang baik apabila minta sesuatu seperti tolong, Terimakasih dan maaf. Ketiga Jadilah selimut hati, ajarkan anak fokus, Keempat, jadilah ibu yang anggun dan bapak yang bijaksana, cantik hati , sabar, sebagai seorang ibu atau bapak bukan untuk di takuti tetapi untuk disegani oleh anak jelas Ery Prasetya.

Ery Prasetya juga mengungkapkan jangan suka membanding bandingkan anak satu dengan anak yang lain, penyebab Degradari moral karena pola asuh anak yang salah dan terlalu keras mendidik anak karena dapat menimbulkan dampak Psikologi anak menjadi temperamen, mutungan, suka membuli, kepribadian keras, begitu juga kalau sering dimanja anak akan tumbuh tidak percaya diri, sulit dewasa dan prestasi belajar jauh.
Kemudian terlalu banyak aturan, anak akan tidak berkembang, belajar terpaksa ( Betmood ).

Sementara itu Babinsa Koramil 20 Cawas Sertu Edi Suranto mengungkapkan bahwa menjadi orang tua bukanlah perkara yang mudah. Dengan mengetahui pola asuh anak yang telah dipaparkan di atas dan dampaknya bagi buah hati , sebagai orang tua dapat memilih akan menerapkan pola asuh anak yang seperti apa. Setiap manusia, termasuk buah hati memiliki kepribadian yang unik dan spesial. Cara mengasuh anak dan dampak terbaik yang dapat diharapkan juga perlu disesuaikan dengan tipe kepribadian buah hati.

Sertu Edi Suranto juga menjelaskan bahwa Pola asuh anak merupakan hal yang penting, karena pola asuh anak dapat memengaruhi perkembangan mereka. Umumnya, tidak ada pola asuh anak yang tidak baik, namun jika masih merasa bingung untuk menerapkan pola asuh anak, dapat berkonsultasi dengan psikologi anak secara langsung” ungkapnya.(Litbang)

error: Content is protected !!