Upsus Pajale Untuk Kesejahteraan Masyarakat

“Upsus Pajale Untuk Kesejahteraan Masyarakat

 

SINARRAYANEWS.COM

 

Peningkatan produksi pangan nasional yang masih diperioritaskan saat ini sangat berdampak positif yang dirasakan masyarakat pada umumnya, sehingga hal ini harus tetap lebih ditingkatkan lagi guna menambah peningkatan stok padi, jagung dan kedele (Pajale) maka dengan demikian guna lebih meningkatkan hal tersebut Korem 133/Nani Wartabone yang

diprakarsai oleh Staf Teritorial menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pajale bekerjasama dengan Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo dalam membicarakan beberapa hal terkait peningkatan pangan tersebut yang berlangsung pada Kamis 8 November 2018 sekitar pukul 14.00 wita bertempat di Aula Makorem 133/Nani Wartabone yang dihadiri oleh para Dandim jajaran Korem 133/Nani Wartabone, Dinas Pertanian se-Kabupaten/Kota Provinsi Gorontalo, para Danramil serta Dinas terkait yang berhubungan dengan Upsus dimana Rakor Upsus tersebut dibuka langsung oleh Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw.

Dalam kegiatan Rakor yang dibuka oleh Danrem 133/Nani Wartabone yang dalam sambutannya mengatakan Setelah sekian lama kurang lebih dari 3 tahun belakangan ini program Upsus digalakkan yang bekerja sama dengan TNI AD maka Korem 133/Nani Wartabone berperan aktif dalam membantu pemerintah daerah dan pemangku

kepentingan lainnya di Provinsi Gorontalo setelah pengalihan Kodim 1304/Gorontalo dari Korem 131/Santiago dengan berdirinya Korem 133/Nani Wartabone untuk mengupayakan swasembada pangan bersama-sama melalui kegiatan yang saling bersinergi. Maka hal tersebut diharapkan dapat mendukung target pencapaian swasembada pangan yang menjadi program strategis dan unggulan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.

Rapat Koordinasi ini pada hakekatnya adalah untuk kembali kita mengkoordinasikan berbagai hal teknis sekaligus memberikan solusi atas berbagai kemungkinan hambatan yang dihadapi, sebagaimana yang kita lanjutkan dalam kerjasama guna merealisasikan nota kesepahaman bersama (MOU) antara Kasad dengan Menteri Pertanian RI dalam mendukung dan menyukseskan pencapaian overstok beras.

Oleh karena itu, kita semua berharap bahwa forum Rapat Koordinasi kali ini dapat menghasilkan sesuatu yang positif guna mendukung percepatan peningkatan LTT (Luas Tambah Tanam) produksi Padi, Jagung dan Kedelai dan kita ketahui bersama bahwa keterlibatan TNI AD dalam membantu pencapaian swasembada pangan merupakan perintah langsung dari Bapak Presiden Ir. H. Joko Widodo,

dan juga sebagai implementasi yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI pasal 7 ayat (2) butir b poin 9 tentang membantu tugas pemerintah di daerah melalui partisipasinya untuk mendorong peningkatan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Maka atas dasar itulah Korem 133/Nani Wartabone sebagai Komando Kewilayahan di Gorontalo selalu konsisten dan berkomitmen untuk membangun kerjasama dengan berbagai komponen terkait serta mengambil peran aktif dalam meningkatkan ketahanan pangan di wilayah ini, di antaranya dengan menjadikan Babinsa sebagai bagian dari penggerak pertanian di lapangan.

Kita berharap, melalui upaya-upaya konkret yang akan kita lakukan nanti dapat memberikan kontribusi yang besar dan nyata guna menanggulangi keterbatasan cadangan pangan nasional.

Beberapa waktu yang lalu Korem 133/Nani Wartabone telah melaksanakan penanaman padi serta panen perdana yang dilaksanakan di Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) dan Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut)

wilayah Kodim 1304/Gorontalo sehingga diharapkan hal ini dapat dijadikan acuan bagi Kabupaten lainnya untuk memacu hal tersebut yang ada di wilayahnya untuk segera melaksanakan penanaman maupun panen padi bagi yang belum, sehingga dapat meningkatkan hasil produksi ketahanan pangan yang maksimal. Dengan demikian,

pada pertermuan kali ini diharapkan dapat mengakomodasi berbagai pendapat dan saran dari berbagai pihak, sehingga program peningkatan ketahanan pangan khususnya di masing-masing wilayah dapat berjalan dengan baik.

Saya berharap, hal-hal teknis dan non teknis dapat dikoordinasikan dengan sebaik-baiknya dilapangan, sehingga sekecil apapun kemungkinan hambatan yang timbul dapat diatasi secara bersama-sama.

Diakhir kegiatan Rakor Upsus diberikan kesempatan tanya jawab oleh para peserta Rakor dan turut hadir dalam kegiatan Rakor Upsus tersebut para Kadistan Provinsi dan Kabupaten/Kota, para Kadis terkait, para Dandim jajaran Korem 133/Nani Wartabone, para Pasiter dan Danramil serta tamu undangan lainnya.(Litbang)

Back to top button
Close
Close