Kompetisi Sain Madrasah KSM 2018 Ibtidaiyah Se-Kab Tegal Dengan KSM Madrasah Ibtidaiyah Kab Tegal Siap Meningkatkan Mutu & Daya Saing Madrasah

Jawa Tengah – sinarrayanews.com 

Dengan mencerdaskan siswa siswi putra putri bangsa Indonesia maka orang tua harus bangga demi masa depan putra putri nya kita supaya meningkatkan mutu belajarnya kepada putra putri bapak ibu.

Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Tegal khususnya Kementrian Agama dan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan telah mengadakan lomba Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam(MIPA) untuk tingkat SD/MI,SMP/MTs,SMA/MAN Swasta maupun Negeri yang bertempat di MI Lukman Hakim Slawi, yang mana ada dua tempat di selenggarakan Pertama MI Lukman Hakim dan Kedua SMA Negeri 3 Slawi,dari peserta untuk tingkat SD/MI kelas IV-V,dan peserta untuk tingkat SMP/MAN baik tingkat Negeri maupun Swasta di SMA Negeri 3 Slawi.

Sedangkan dengan secara khusus tujuan KSM tahun 2018 adalah sebagai berikut:

a.Menyediakan wahana bagi siswa siswi Madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat yang di bidang sain sehingga dapat menumbuhkan,dan mencintai sain bagi siswa siswi madrasah.

b.Memotivasi siwa siswi madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual,emosional,dan spritual yang berdasarkan ilmu ilmu agama.

c. Menumbuh kembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa siswi madrasah

d.Memberikan kesempatan yang sama bagi siswa siswi madrasah dalam belajar,berkreatifitas dan serta berprestasi.

Sedangkan acara lomba Kompetisi Sain Madrasah(KSM) Tahun 2018 bertujuan untuk peningkatan mutu pendidikan sain yang ada di madrasah dengan secara komprhensip melalui prestasi terbaik, dengan melalui penumbuh kembangan budaya siswa siswi dalam belajar, yang selalu kreativitas, dan motivasi untuk meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat, menjunjung tinggi sportivitasi,dan nilai nilai Islam untuk dalam mempelajari serta memahami sain”jelasnya”.

Dalam acara lomba kompetisi sain madrasah telah dilaksanakan pada hari Sabtu (12/05-2018) dan di hadiri dari instansi pemerintah baik dari Kementrian Agama Kabupaten Tegal Soekarno,Ka sie Penmad(Pendidikan Madrasah),dan para guru guru, panitia penyelenggara acara lomba tersebut tidak di sebutkan para ibu guru dan bapak guru yang telah membawa peserta acara lomba Kompetisi Sain Madrasah tahun 2018.

Pelaksanaan Kompetisi Sain Madrasah mempunyai latar belakang dengan lahirnya konsep integritasi yang di latari oleh dikotonomi antara ilmu agama dan ilmu umum.

Hal ini juga telah dipicu oleh separasi antara sistem Pendidikan Islam dan serta sistem Pendidikan modern yang berdampak laten bagi Umat Islam.

Asumsi yang sangat berkembang adalah “Ilmu tidak peduli dengan agama, dan begitu juga sebalik nya agama selalu abaikan terhadap ilmu”,Al-Qur’an dan As-sunnah Sesungguhnya al-qur’an dan As-sunnah tidak membedakan antara ilmu agama islam dan dengan ilmu umum, sedangkan al-qur’an hanya cukup mengenal ilmu saja. (fauzi)

Back to top button
Close
Close