Serma Tri Pitono Babinsa Karangandong Koramil 0817/01 Driyorejo,

JAWA TIMUR — sinarrayanews.com

Outbreak Response Immunization (ORI) adalah salah satu upaya penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) suatu penyakit dengan pemberian imunisasi. ORI merupakan strategi untuk mencapai kekebalan individu dan komunitas hingga sebersar 90-95%. Sehingga KLB difteri bisa diatasi.

Difteri merupakan penyakit menular yang disebakan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae, penyakit ini ditularkan melalui percikan ludah atau dahak penderita difteri. Bakteri ini menyerang selaput hidung, tenggorok atau kadang kulit. Toksin yang dikeluarkan dapat mematikan sel-sel hidup di tenggorok sehingga menghasilkan lapisan membran yang dapat menyumbat saluran pernapasan. Selain itu, jika toksin menyebar ke pembuluh darah, dapat menyebar dan merusak jaringan lain terlambat ditangani.

Penyakit difteri dapat dicegah dengan pemberian imunisasi DTP (Difteri Tetanus Pertusis) sebanyak empat kali untuk anak sampai usia 18 bulan. Dan, diulang saat anak di kelas 1, 2 dan 5 sekolah dasar agar anak mendapatkan perlindungan yang optimal.

Guna menyukseskan program ORI tersebut, Koramil 0817/01 Driyirejo bekerjasama dengan puskesmas setempat melakukan pendampingan dan pemantauan kegiatan imunisasi difteri. Seperti yang di laksanakan Babinsa Karangandong Serma Tri Pitono ketika mendampingi dan memantau kegiatan imunisasi Difteri pada siswa SD di wilayah binaan pada kamis (22/02) pagi.

Dalam kegiatan tersebut, total 313 Siswa yang mengikuti imunisasi. Diantaranya ialah SDN I Karangandong dengan Jumlah 119 siswa 119, SDN II Karangandong dengan jumlah 142 siswa, MI Miftahaul Ma’arif dengan 27 siswa dan, MTS Miftahaul Ma’arif dengan jumlah 25 siswa. (dyo/reed)

Admin SR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Jadikan Desa Tambakberas Maju Agamis Dan Bertoleransi

Kam Feb 22 , 2018
JAWA TIMUR — sinarrayanews.com Outbreak Response Immunization (ORI) adalah salah satu upaya penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) suatu penyakit dengan pemberian imunisasi. ORI merupakan strategi untuk mencapai kekebalan individu dan komunitas hingga sebersar 90-95%. Sehingga KLB difteri bisa diatasi. Difteri merupakan penyakit menular yang disebakan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae, penyakit ini […]