CAT Guna Meminimalisir Kecurangan

JAWA TIMUR — sinarrayanews.com

Suatu kebanggaan tersendiri bagi calon perangkat desa sekecamatan Sidayu, yang mana didalam pelaksanaan test perangkat desa dihadiri oleh Ketua DPRD Gresik.
Adapun tujuan kehadiranya adalah ingin melihat dari dekat pelaksanaan test perangkat di Universitas Muhamadiyah Gresik. Minggu (18/02/2018)

“Jangan sampai test yang dilakukan hari ini ada celah, karena test perangkat desa yang dilaksanakan oleh P3D Sidayu sudah memenuhi unsur dalam Perbup nomer 19 tahun 2017”. Katanya.

Sebanyak 20 desa dan 152 peserta dari kecamatan Sedayu, Gresik, ikuti test menjadi perangkat desa di Universitas Muhammadiyah Gresik.

Test dengan menggunakan sistim Computer Assited Test (CAT) Cara inilah yang paling jitu dan paling aman untuk memilih perangkat desa yang mumpuni dalam penguasaan IT di jajaran perangkat.

M SHOLIH S Sos MSi Kades Gedangan kecamatan Sedayu yang merangkap ketua AKD sedayu menjelaskan selama perjalanan test ruangan benar steril tanpa ada yang masuk kecuali petugas dan panitia P3D yang ditugasi untuk mengawasi ruangan.

Acara test ini diimulai dari pukul 08.00 hingga jam 10 gelombang 1 yang dikuti Desa kertosono, Lasem, Sukorejo Ngawen, Mojo Asem, Asem papak
Mriyunan, Sidomulyo, Raci tengah Dan Desa Raci Kulon.

Sedangkan gelombang 2 Desa Gedangan, Wadeng, Sambi Pondok, Golokan, Bunderan, Kauman, Pengulu, Sedagaran, Srowo, dan Desa purwodadi.

Dalam pelaksanaan test P3D para peserta datang ke Unmuh, untuk menyaksikan test perangkat desa yang dilaksanakan, P3D panitia penjaringan dan penyaringan perangkat desa yang bekerjasama dengan pihak ke tiga.

Camat Sidayu Suprapto, AP. MSi mengatakan dengan cara ini dapat meminimalisir kecurangan yang selama ini. Karena selama ini banyak dicurigahi masyarakat untuk itu kami memilih dengan sistim ini jauh adanya intervensi dari Kades manapun yang lainnya.

“Tidak ada satupun yang bisa intervensi kecuali dari kepintaran dirinya sendiri”. Kata Camat.

Menyikapi jalannya test perangkat desa sekecamatan sidayu  Ketua Lembaga Pemantau Birokrasi (LPB) Gresik Novan mengatakan, bahwa test berjalan lancar sesuai dengan Pasal 22 dan 24 Perbup Nomer 19 tahun 2017.

Karena dalam ruangan sudah kita lihat adanya Panitia P3D yang turut terlibat dalam pengawasan test perangkat desa.

“Untuk itu agar dapat dicontoh oleh kecamatan yang lain, bagi yang belum melaksanakan. Memang kecamatan Sidayu is The best”. (Dyo/red)

Admin SR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kapten Inf Karmu Bersama Sertu Roy Irawan Hadiri Pengambilan Sumpah Perangkat Desa Gresik, Sinar Raya Bertempat di Pendopo Balai Desa Balongpanggang Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik, telah dilaksanakan kegiatan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah atau Janji kepada perangkat desa yang baru, Sabtu (17/2) Malam. Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Danramil 0817/09 Balongpanggang Kapten Inf Karmu, Camat Balongpanggang Narto, ST, Kapolsek Balongpanggang AKP Tulus, Sekcam Balongpanggang H. Sayib, Babinsa Balongpanggang Sertu Roy Irawan, BPD, LPMD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Karang Taruna. Sementara itu Kepala Desa Balongpanggang Drs. Slamet Rameli dalam sambutannya," Menjadi perangkat tentu saja tidak muda, oleh karena itu aparatur desa harus giat belajar, terlebih lagi belajar IT. Tidak hanya itu," kedepannya baik perangmat yang baru atau yan lama, mari saling bekerjasama untuk membangun desa balongpanggang lebih baik," Adapun perangkat yang baru dilantik adalah, Kepala Dusun Banci Achmad Khudori dan Kepala Dusun Balongpanggang Teguh Suwigyo. Camat Balongpanggang Narto, ST kepada Perangkat yang baru kami harapankan terus belajar meskipun didalam pendidikan sudah mampu, namun diharapkan perangkat desa harus mengikutinya, harus bisa menangkap didalam membikin laporan-laporan. Kedepannya kami harapkan Desa balongpanggang bisa menjadi contoh bagi desa-desa yang lain, terlebih pada administrasi dan kewilayaan, sebab Desa Balongpanggang adalah Icon Kecamatan Balongpanggang. Ditempat yang sama Kapolsek Balongpanggang AKP Tulus berpesan kepada perangkat yang baru," Mari sama-sama membantu kades dalam hal membangun desa dan juga diharapkan selalu tetap berkomunikasi, supaya setiap permasalahan bisa diminimalisir," Terlebih lagi, setiap ada masalah kami harap bisa diselesai didesa jangan sampai diselesaikan dipolsek, namun kalau ada yang meresahkan apa boleh buat karena hal tersebut sangat meresahkan masyarakat, sudah sewajarnya untuk ditindak. Danramil 0817/09 Balongpanggang Kapten Inf Karmu menginggatkan agar nantinya setiap pemimpin harus punya kemampuan dan panutan, jangan muda kendor meskipun yang jadi usianya masih muda, karena anak muda adalah usia produktif, untuk itu diharapkan agar nantinya mempunyai sifat perubahan yang bertujuan untuk maju. Masih Kapten Karmu, "Pemimpin tidak boleh muda menyerah, sebelum kesuksesan ada ditangan dan semoga menjadi pemimpin yang amanah, dan berguna di Dusunnya," Pungkasnya. (Dyo)

Ming Feb 18 , 2018
JAWA TIMUR — sinarrayanews.com Suatu kebanggaan tersendiri bagi calon perangkat desa sekecamatan Sidayu, yang mana didalam pelaksanaan test perangkat desa dihadiri oleh Ketua DPRD Gresik. Adapun tujuan kehadiranya adalah ingin melihat dari dekat pelaksanaan test perangkat di Universitas Muhamadiyah Gresik. Minggu (18/02/2018) “Jangan sampai test yang dilakukan hari ini ada […]