Jelang Pilkada Serentak, Danrem 071/Wijayakusuma Pantau Bangsit Wilayah Jajaran Korem 071/Wijayakusuma

sinarrayanews.com || Pemalang – Menjelang dilaksanakannya Pemilukada serentak Tahun 2020 pada esok hari 9 Desember 2020, Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., memantau perkembangan situasi di wilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma khususnya wilayah yang melaksanakan Pilkada yakni Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pekalongan dan Kota Pekalongan, Selasa (8/12/2020).

Diketahui bahwa Pemilukada serentak yang dilaksanakan diseluruh wilayah tanah air sebanyak 270 daerah di Indonesia, dengan rincian 9 Provinsi, 37 Kota, dan 224 Kabupaten.

Dikatakan Kolonel Dwi Lagan, kunjungannya ke beberapa wilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma ini untuk memastikan kesiapan satuan jajaran Korem 071/Wijayakusuma khususnya Kodim 0702/Purbalingga, Kodim 0710/Pekalongan dan Kodim 0711/Pemalang yang wilayahnya melaksanakan Pilkada serentak esok hari. Disamping itu juga untuk melihat sejauh mana perkembangan situasi wilayahnya masing-masing.

“Laksanakan deteksi dini dan cegah dini serta lapor cepat apabila terjadi permasalahan di wilayah, agar hal ini tidak berkembang menjadi lebih besar. Lakukan koordinasi dan perkuat sinergi bersama segenap komponen yang ada di wilayah, dalam setiap pelaksanaan tugas dalam menghadapi Pilkada ini. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga dan menjamin kondusifitas wilayah”, pintanya.

Danrem juga berpesan kepada segenap masyarakat yang wilayahnya akan melaksanakan Pilkada, untuk turut serta menyukseskan pesta demokrasi Pilkada Serentak tersebut, serta mewujudkan Pilkada yang aman, tertib dan kondusif.

“Untuk menyukseskan gelaran pesta demokrasi rakyat ini, karena peran serta seluruh masyarakat sangat diperlukan untuk kemajuan demokrasi dan membangun bangsa Indonesia kedepannya”, ungkapnya.

Dirinya juga berpesan, agar dalam pelaksanaan pesta demokrasi tersebut, segenap masyarakat dapat menghargai adanya perbedaan berpendapat apapun hasilnya nanti.

Terkait dengan dilaksanakannya Pilkada ditengah pandemi Covid-19 saat ini, Kolonel mBanyumas ini menghimbau kepada segenap masyarakat maupun aparat keamanan baik TNI dan Polri beserta instansi terkait untuk tetap selalu mengedepankan dan disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Kepada segenap prajurit Wijayakusuma dimanapun berada dan bertugas, baik yang wilayahnya akan melaksanakan Pilkada maupun tidak, agar senantiasa menjunjung tinggi Netralitas TNI, dengan tetap mempedomani ketentuan dan aturan atau larangan yang terdapat dalam Buku Saku Pedoman Netralitas TNI”, pungkasnya.(red)