DUKUNG PROGRAM KETAHANAN PANGAN, GUSPURLA KOARMADA II MANFAATKAN LAHAN KOSONG MENJADI PERKEBUNAN

Sinarrayanews.com – TNI AL. Koarmada II, Surabaya 09 Juni 2020, Menindaklanjuti himbauan Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto tentang Program Ketahanan Pangan guna menghadapi ancaman kelangkaan bahan pangan akibat Covid-19, Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo, didampingi Ketua Cabang 9 DJA II Ny. Nanda Rahmat Eko Rahardjo turun langsung memimpin pelaksanaan Program Ketahanan Pangan di Lahan Rumjab Asops Guspurla Koarmada II, Selasa (09/06).

Rahmat Eko menyampaikan, bahwa dalam rangka mendukung Program Ketahanan Pangan ,Guspurla Koarmada II memanfaatkan lahan kosong yang dulunya merupakan lahan tidur menjadi kebun budidaya pangan. Adapun jenis tanaman yang dibudidayakan di perkebunan tersebut yakni sayuran seperti Kangkung, Bayam, Sawi, Tomat, Cabe, Terong, dan sawi.

Selain sayuran, lahan tersebut juga ditanami dengan Tanaman Obat Keluarga (Toga) seperti Daun Mint, Kunyit, Serai, Salam, Kencur, Kunyit, Laos, Jahe, Sirih, Bawang Dayak, dan Blimbing Wuluh,. Ada juga buah-buahan yakni Jeruk, Jambu, Srikaya, Sawo, Kelengkeng, Rambutan, Durian, Lidah Buaya, Kedondong, Buah Tins. Melengkapi produk ketahanan pangannya, maka dilakukan juga pembudidayaan ikan Lele menggunakan ember dan di kolam ikan.

“ Semoga lahan yang dimanfaatkan oleh Kelompok Tani Songo Ijo Cabang 9 Jalasenastri DJA II ini dapat menghasilkan produk sayuran, buah dan ikan lele yang segar serta apotik hidup yang mampu memenuhi kebutuhan bahan pangan prajurit dan keluarga besar Guspurla Koarmada II,” ujar Rahmat Eko di sela kegiatan.

Pada kesempatan lain Rahmat Eko juga menghimbau agar seluruh prajurit dan keluarganya tetap menjalankan budaya pola hidup sesuai protokol kesehatan , baik di lingkungan rumah maupun kantor dan di Daerah Operasi guna mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah kerja Guspurla Koarmada II.

Dalam kegiatan Program Ketahanan Pangan tersebut turut hadir antara lain para Asisten dan Paban,serta Prajurit Guspurla Koarmada II yang sedang tidak berada di daerah operasi.

Back to top button
Close
Close