Danlanud SIM Bersama Forkopimda Aceh Hadiri Acara Penanaman Padi Perdana Musim Tanam Gadu 2020

Sinarrayanews.com – Untuk menjaga ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19, Lanud Sultan Iskandar Muda bekerja sama dengan Pemkab Aceh Besar dan Kodim 0101/BS memprogramkan musim tanam padi gadu tahun 2020. Bertempat di area persawahan Kelompok Tani Angkasa Lanud Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar. Rabu (10/6/2020).

“Ada 6.000 hektar sawah yang hendak ditanami padi pada musim tanam gadu ini, 5.500 hektar yang disiapkan Pemkab Aceh Besar bekerjasama dengan Kodim 0101/BS ditambah 500 hektar lagi dari program cluster Indek Pertanaman IP-300 terletak di Indrapuri yang bekerja sama dengan Dinas Pertanian Aceh Besar,” ujar Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali. Ia juga berharap dengan program tanam padi gadu tahun 2020 ini, Aceh Besar akan menjadi lumbung padi Aceh.

Pangdam IM Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P., M.M., mengatakan. “Pangan merupakan kebutuhan dasar yang permintaannya terus meningkat seiring dengan perkembangan jumlah penduduk dan peningkatan kualitas hidup menjadi suatu tantangan tersendiri bagi masyarakat dan pemerintah dalam mewujudkan ketahanan Pangan Nasional,” jelasnya.

Dalam hal ini, TNI sebagai suatu komponen bangsa juga memiliki tugas dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) Dalam Membantu Pemerintah untuk mensejahterakan rakyatnya serta dapat menyentuh perbaikan kehidupan masyarakat sehingga para petani dapat berkarya secara maksimal walau masih dalam situasi Pandemi Covid-19. Pangdam juga mengajak kepada segenap masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan program ini demi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Aceh.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Aceh Teuku Ahmad Dadek selaku wakil dari Plt. Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, M.T. sangat optimis dengan program yang dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Besar. Beliau juga mengharapkan warga mampu meningkatkan semangat dalam mengelola lahan pertaniannya sehingga bisa menjadi penyangga kebutuhan pangan ditengah wabah Pandemi Covid-19 yang masih melanda Negeri ini, kita juga harus mewaspadai kondisi cuaca yang tentunya berdampak pada hasil panen oleh karena itu perlu langkah-langkah Preventif dalam mengatasinya. “Di harapkan kepada seluruh petugas lapangan bersama dengan Babinsa agar melakukan pengawalan dan pendampingan yang Insya Allah status Aceh menjadi Lumbung Pangan dapat di pertahankan,” harap Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos., mengatakan. “Kami Lanud Sultan Iskandar Muda akan selalu siap sedia mendukung program dan kebijakan yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Aceh dan Kabupaten dalam menjaga dan meningkatkan Swasembada ketahanan pangan di tengah wabah Covid-19,” pungkas Danlanud SIM.

Back to top button
Close
Close