Menunggu “New Normal”, Family Development Session (FDS) PKH Siap-Siap Berlangsung Kembali

Sumber : Instagram PKH SampangKegiatan FDS Tahun 2018 sebelum adanya Covid-19

Sampang (7/6/2020) sinarrayanews.com | Setelah beberapa pekan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) atau di sebut juga FDS sempat di hentikan akibat pencegahan penularan Virus Corona/Covid-19, SDM PKH siap-siap akan melanjutkan kembali kegiatan tersebut kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tinggal menunggu Intruksi dari Kemensos RI dan Kebijakan Pemerintah Daerah yang lebih mengetahui tentang Situasi dan Kondisi di wilayahnya sendiri.

Mugi selaku Pendamping Dengan Tugas Khusus menjelaskan melalui via telefon “Di PKH itu bukan hanya Bantuan berupa uang, tetapi ada yang lebih manfaat dan berarti yaitu Ilmu, Ilmu disini berupa FDS, FDS tersebut yaitu suatu kegiatan pemahaman bagi KPM yang berisi 5 Modul : 1. Modul Pengasuhan dan Pendidikan Anak, 2. Modul Kesehatan dan Gizi, 3. Modul Pengaturan Keuangan dan Perencanaan Usaha, 4. Modul Perlindungan Anak dan 5. Modul Kesejahteraan Sosial meliputi Disabilitas dan Lansia”.

Mugi menambahkan Tholabul ‘ilmi faridhotun’ alaa kulli muslimin wal muslimat minal mahdi ilal lahdi. Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim / muslimah sejak dari ayunan hingga liang lahad.

Pelaksanaan FDS sudah gencar dan aktif di laksanakan oleh Pendamping Sosial PKH dari beberapa tahun lalu, bisa di lihat Dokumentasinya di akun Instagram dan Facebook PKH Sampang. Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Sampang yaitu sekitar 68.955 Orang yang tersebar di 14 Kecamatan, untuk pelaksanaan FDS ini di bagi kelompok, 1 kelompok sekitar 20-30 orang dan saat ini ada sekitar 3.106 kelompok.

Tujuan inti dari FDS tersebut yaitu untuk merubah Mindseat/Pola Pikir dan perilaku KPM dari yang awalnya belum tau dan atau baik menghasilkan Output Perilaku yang lebih baik dan paham, Outcome pun akan di hasilkan meskipun tidak secara langsung atau instan tetapi bertahap dan membutuhkan waktu atau proses.

Maka dari itu setiap Modul yang di berikan mempunyai tujuan dan manfaat yang berbeda, dari setiap Modul pun memiliki Sesi penjelasan beberapa Point, serta rutin di laksanakan agar kegiatan FDS tersebut bermanfaat baik itu secara Kuantitatif maupun Kualitatif harus tercapai.

Kegiatan FDS bagi KPM ini adalah kewajiban bagi SDM yang memberikan dan KPM yang mendapatkan, karena disini ada absensi yang terkoneksi langsung ke Kementerian Sosial melalui Aplikasi EPKH, SDM PKH harus memastikan bagaimana KPM bisa mengikuti kegiatan ini dengan rutin sehingga tercapai tujuan kegiatan tersebut, di tambah lagi nanti kita berbicara terkait Pemberdayaan KPM dan Graduasi di lain waktu, karena itu semua terkait”. Tidak lupa menambahkan kepada awak media bahwa #KemensosHADIR Humanis, Adaptif, Dedikatif, Inklusif dan Responsif”. Pungkasnya. (Red)

Back to top button
Close
Close