Danramil Melaksanakan Pembinaan Linmas

Sinarrayanews.com – Danramil 12/Wadaslintang Lettu Cpl Tulus Widodo melaksanakan pembinaan anggota Linmas di Balai Desa Karanganyar Wadaslintang dalam rangka pembinaan Latihan Tanggap Bencana 2020. (3/6)
Dalam penyampaiannya Danramil menuturkan bahwa Linmas mempunyai peran sangat penting di desa.

Banyak tugas yang diberikan oleh pemerintah kepada Linmas seperti yang terjantum dalam Permendagri No 84 tahun 2014. Untuk itu harus menguasi bentul tiap aitemnya dan dilaksanakan penuh dengah rasa keihlasan dan penuh tanggung jawab. Dengan melaksanakan tugas penuh keihlasan maka akan teras ringan.

Perlindungan masyarakat (Linmas) adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta kegiatan sosial kemasyarakatan di desa.

Apalagi dalam situasi masa pendemi ini peran Linmas dimasyarakat begitu penting keberadaannya dimasyarakat. Yaitu mengajak masyarakat agar ikut serta memutus mata rantai penyebaran virus corona. Seperti rajin memakai masker jika keluar rumah, rajin cuci tangan pakai sabun jika telah selesai melaksanakan aktivitas diluar.

Menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga jarak di keramaian, jika tidak penting sekali lebih baik diam dirumah.

Ini penting diberikan pemahaman kemasyarakat dalam rangka pelaksanaan new normal. Pemahaman ini harus diberikan kepada masyarakat secara terus menerus sebab tingkat kemampuan masyarakat berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Pendim0707

Back to top button
Close
Close