LSM GMBI Distrik Kab Bandung Melaksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila

Kab Bandung (1/6/2020),

sinarrayanews.com | Pantauan sekitar pukul 09:00 WIB LSM GMBI Distrik Kabupaten Bandung Melaksanaan Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 yang di laksanakan di Perumahan Griya Permata Indah Banjaran tepatnya Wilayah Sekretariat LSM GMBI Distrik Kab Bandung.

Yadi selaku Ketua LSM GMBI Distrik Kab Bandung menjelaskan “Kita tetap mengintruksikan kepada saudara-saudara GMBI seKabupaten Bandung untuk ikut dalam pelaksanaan Upacara Hari Lahir Pancasila namun tetap menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19”.

Diketahui, tanggal tersebut masih diberlakukan dan di perpanjangnya waktu Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jawa Barat khususnya di Kabupaten Bandung dengan adanya Surat Edaran Gubernur Jawa Barat.

Pelaksanaan Upacara tersebut di hadiri oleh seluruh jajaran Distrik dan KSM serta Pokja LSM GMBI seKabupaten Bandung.

Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidikan Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1945, seperti dikutip dari Wikipedia.

Tanggal 1 Juni resmi ditetapkan Hari Lahir Pancasila lewat Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 pada saat kegiatan peringatan pidato Bung Karno di Gedung Merdeka Bandung dan juga ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Kutipan dari Ir Soekarno mengenai Pancasila:

“Sekarang banyak prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan dan ketuhanan, lima bilangnya. Namun bukan panca dharma, tetapi saya namakan ini dengan dengan petunjuk seseorang teman ahli bahasa, namanya ialah Pancasila. Sila artinya azas atau dasar dan di atas kelima dasar itulah kita mandirikan negara Indonesia, kekal dan abadi.”
– Ir. Soekarno

“Aku tidak mengatakan, bahwa aku menciptakan Pancasila. Apa yang kukerjakan hanyalah menggali jauh ke dalam bumi kami, tradisi-tradisi kami sendiri, dan aku menemukan lima butir mutiara yang indah.”
– Ir. Soekarno

(MG)

Back to top button
Close
Close