Koramil 04/Karanganyar Gelar Rapid Diagnose Test Pengunjung Pasar

Sinarrayanews.com – KODIM 0709/KEBUMEN, Sebagai langkah pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 diwilayah Kabupaten Kebumen, Pemerintah Kabupaten Kebumen menggelar Rapid Diagnose Test (RDT) massal terhadap para pedagang, dan pengunjung Pasar Pagi Karanganyar, Kamis (28/05/20).

Kegiatan ini melibatkan berbagai unsur dari Tim Medis Dinkes Kabupaten Kebumen, Pukesmas Karanganyar, Pemerintah Kecamatan Karanganyar, Koramil 04/Karanganyar, Polsek Karanganyar, BPBD Kebumen, Satpol PP, Dishub, dan para Relawan dari Komunitas Sedulur Karanganyar.

Pemeriksaan dimulai pukul 05.30 wib. Diketahui dari Pemerintah Kabupaten Kebumen menyiapkan sebanyak 500 alat Rapid Test. Dengan pengamanan dari TNI, Polri, Satpol PP, dan Relawan, satu per satu para pedagang maupun pengunjung mendatangi tenda yang didirikan di depan pintu utama Pasar Karanganyar untuk melakukan pemeriksaan rapid test.

Tingginya antusiasme pengunjung yang hendak mengikuti pemeriksaan, sempat terjadi antrean cukup panjang. Tampak Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfud meninjau pemeriksaan didampingi Bpk. Suprajitno DPRD Kab. Kebumen Komisi B, Kepala Dinas Kesehatan dokter Dwi Budi Satrio, dan sejumlah pejabat Pemkab Kebumen.

Danramil 04/Karanganyar Kapten Inf Agus Sunarko saat mendampingi menuturkan “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sudah diagendakan oleh Pemkab Kebumen sebagai upaya untuk mendeteksi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 diwilayah Kebumen. Dipilihnya pasar Karanganyar menjadi lokasi rapid test karena pasar Pagi Karanganyar sebagai salah satu tempat sentral keramaian yang berpotensi menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Pemeriksaan rapid test yang dilakukan sifatnya lebih ke arah screening, lebih ke ara uji penapis, (mengetahui) mana yang berisiko, mana yang tidak. Rapid test ini bisa menyaring orang-orang yang nantinya dinilai perlu untuk menjalani tes lebih lanjut. Untuk melakukan konfirmasi atau menegakkan diagnosis Covid-19, dibutuhkan pemeriksaan PCR,” terang Danramil.

Dari 500 orang hasil pemeriksaan berjalan, hasilnya dinyatakan negative secara keseluruhan. (Pendim)

Back to top button
Close
Close