Masih ada masyarakat yang belum melaksanakan sosial distancing

Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat melihat masih ditemukannya orang yang belum mau melaksanakan sosial distancing disaat pandemi corona yang melanda dunia, termasuk didalamnya kabupaten Wonosobo saat ini jumlah orang yang positif sudah 56 orang. Salah satu uapaya pencegahan adalah dengan melakukan sosial distancing akan tetapi masih banyak ditemukan orang belum sadar melakukannya. Hal ini dibuktikan dengan ditemukan orang masih bergerombol sekitar alun-alun. (12/5)
Melihat permasalahan tersebut Dandim memerintahkan anggota Kodim agar memberikan pemahaman pentingnya sosial distancing dalam rangka ikut memutus rantai penyebaran covid-19. Dipimpin Letda Inf Dremo memberikan arahan agar kita semua ikut melakukannya seperti berkumpul dengan tidak menjaga jarak satu sama lain, jangan mengadakan rapat atau pertemuan yang melibatkan banyak orang. Selalu berhati-hati dengan benda di dalam fasilitas umum yang mungkin banyak disentuh orang. Usahakan untuk tidak mengunjungi tempat yang tak diperlukan. Hindari area yang menjadi tempat berkumpulnya orang-orang, seperti kantor, sekolah, bioskop atau arena olah raga. Usahakan untuk tidak berjabat tangan dan cipika cipiki dengan orang lain.
Letda Inf Dremo menyarankan kepada pengunjung alun-alun untuk menerapkan social distancing guna mengatasi pandemi COVID-19. Social distancing menjadi ide yang baik dalam mencegah penyebaran virus corona. Social distancing adalah upaya mengurangi kontak jarak dekat dengan banyak orang. Semua itu dilakukan agar bisa menekan penularan virus corona. Mungkin untuk sebagian orang melakukan social distancing bukan perkara mudah.
Lebih lanjut disampaikan bahwa metode penularan virus corona memang kebanyakan berasal dari droplet atau tetesan yang timbul selama batuk, bersin, dan bahkan dari saat seseorang bernapas dan berbicara. Social distancing dikombinasikan dengan upaya meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga kebersihan diri, perlu dilakukan.
Selain itu, social distancing membantu mengurangi beban pada sistem layanan kesehatan. Jangan sampai menggampangkan atau menganggap remeh kondisi ini, dan selalu melakukan usaha sebaik mungkin untuk mencegah penularannya. Usaha ini tentu juga harus dibarengi dengan tetap menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh dengan rajin cuci tangan, mengonsumsi makanan bergizi, dan berolahraga secara teratur.
Pendim 0707

Back to top button
Close
Close