BABINSA KORAMIL 01/SUMBUL – KODIM 0206/DAIRI DAMPINGI PETANI PENGOLAHAN LAHAN

Sumatera Utara – sinarrayanews.com

Menjelang persiapan masa tanam, Babinsa Koramil 01/Sumbul – Kodim 0206/Dairi Sertu Zulkarnaen Sinaga melaksanakan pendampingan pengolahan lahan milik Ibu Mutiara br.saragih dengan menggunakan traktor roda 4 di desa perjuangan Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi (Selasa 18/3 2019).

Babinsa Sertu Zulkarnaen Sinaga , saat di lokasi mengungkapkan, pengolahan lahan sawah melalui pembajakan dengan menggunakan traktor R4 ini bertujuan untuk memperbaiki sifat fisik tanah. Melalui pembajakan ini, kondisi permukaan tanah yang semula keras akan menjadi gembur dan melumpur, sehingga saat ditanami, tanaman dapat tumbuh dan berkembang leluasa,” tutur Babinsa.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu dari tugas Babibsa dalam mendukung program pemerintah untuk mewujudkan Swasembada Pangan jagung.

Ibu Mutiara menuturkan sangat berterimakasih atas kehadiran dan peran serta Babinsa yang memberikan waktu dan tenaga untuk megolah lahan yang akan ditanami jagung sehingga memudahkan dan mempercepat waktu untuk menanam,karna selama ini menggunakan cara cara yang manual dengan menggunakan cangkul.katanya

Senada dengan Ibu mutiara Danramil Sumbul Kapten Arm Lisben Situmorang,S.Sos mengatakan kalau para Babinsa yang dilapangan sebagian sudah diberi pelatihan untuk mengoperasikan alat alat mesin pertanian maka diharapkan bisa menerapkan mengaplikasikannya kepada petani.

Menurut Danramil Sumbul Kapten Arm Lisben Situmorang S.Sos bahwa kegiatan pendampingan yang dilakukan para Babinsa, dalam rangka percepatan tanam dan memberikan contoh kepada para petani agar percepatan tanam kembali dapat dilakukan dengan baik dan cepat guna mendukung program ketahanan pangan., “ pungkasnya. (red )